MakassarPendidikanSulawesi

Ratusan Siswa Ikuti Olimpiade Matematika MEC Rakus dan Dema FTK

COMPAKSULAWESI.COM, GOWA
Sebanyak 200 siswa dari tingkat SMP maupun SMA se-Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti Olimpiade Matematika, di kampus 2 UIN Alauddin Samata, Gowa, mulai hari ini, Sabtu (30/09/2017) hingga besok, Minggu (01/10/2017).

Kegiatan yang mengusung tema “It’s Time to be The King of Math” ini diselenggarakan oleh Mathematic Education Club (MEC) Rakus Makassar, bekerjasama Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Tarbiyah dan Keguguran (FTK) UIN Alauddin Makassar.

Ketua Panitia, Aditya Reinaldho mengatakan kegiatan ini adalah ajang kreativitas dibidang matematika, untuk menjalin silaturahmi dan kami juga bisa saling sharing tentang pelajaran matematika dengan ratusan siswa yang diutus dari sekolahnya.

“Dari 200 siswa tersebut, 126 peserta berasal dari tingkat SMP dan 74 peserta dari tingkat SMA,” kata Aditya.

Ia melanjutkan, babak penyisihan dilaksanakan pada 30 September 2017, di gedung FTK UIN Alauddin Makassar Kampus II Samata, sedangkan semifinal dan final akan digelar pada 01 Oktober 2017, di gedung Auditorium UIN Alauddin Makassar.

Ketua MEC Rakus Makassar, Sitti Hardianti, mengungkapkan kegiatan ini adalah rangkaian dari pelaksanaan One Decade MEC Rakus Makassar.

“Yang tak kalah pentingnya adalah bahwa kami dari lembaga yang backgroundnya memang matematika, kami ingin menunjukkan bahwa matematika itu bukanlah pelajaran yg menakutkan, karena di kalangan pelajar itu, kalau berbicara tentang matematika mereka seakan-akan menganggap matematika sebagai suatu momok yang menakutkan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Dema Nurhafizah, mengatakan dalam rangka menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan, mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin menggelar kegiatan olimpiade matematika tingkat provinsi Sulsel.

“Kegiatan tersebut salah satu program kerja dari Dema sebagai wadah bagi peserta untuk ajang kompetisi dan kegiatan ini baru pertama kali kita adakan,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Prof.
Dr. H. Syahruddin Usman, M.Pd,
kegiatan yang sangat positif yang merupakan ajang kompetisi untuk mengasah pikiran.

“Ini perlu dilestarikan kedepannya agar lebih baik”, katanya.

Ketua Jurusan, Dra. Andi Halimah, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat melihat kemampuan peserta di ajang kompetisi, juga untuk melatih mereka ikut berkompetisi.

“Kita ingin peserta menunjukkan kemampuan mereka di tingkat provinsi dan menaklukkan soal-soal matematika,” katanya.

Dapatkan sertifikat bagi peserta juga pendamping dan para juara akan mendapat hadiah menarik dari panitia. Juara 1, 2, dan 3 akan mendapat trofi, medali, piagam, tabanas, dan juara harapan 1, 2, dan 3 akan mendapat trofi dan piagam.

Editor: Elis

Tags

Related Articles

1 thought on “Ratusan Siswa Ikuti Olimpiade Matematika MEC Rakus dan Dema FTK”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close