Hukum & KriminalSerba Serbi

Polres Pelabuhan Amankan 17 tersangka, 3 LP Narkoba, 4 LP Reskrim

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Jelang pergantian tahun baru, Jajaran Polres Pelabuhan Makassar, gencar melakukan sejumlah penindakan, untuk mengatisipasi ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang disinyalir akan meningkat jelang momentum pergantian tahun tersebut.

Penindakan yang bernama Cipta Kondisi ini telah diselengarakan selama sekitar dua pekan, yang menyasar pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), lalu Narkoba dan premanisme yang ditakutkan akan mengangu kondusifitas keamanan pada kegiatan Natal dan tahun baru.

“Dari kegiatan cipta kondisi yang kami selengarakan hampir dua minggu ini, kami berhasil mengamankan sekitar 17 tersangka, dengan 3 LP Narkoba dan 4 LP Reskrim,” kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Aris Bachtiar, saat press rilis di Mapolres Pelabuhan, Jumat (22/12/2017).

Berdasarkan hasil operasi Cipta Kondisi itu, pihak Polres Pelabuhan Makassar berhasil mengamankan 300 gram sabu, 200 gram tembakau sintesis atau tembakau gorilla dan Juga ikut diamankan 10 tersangka 3C dan Premnisme dengan barang bukti Anak panah, Busur, bukti pencurian emas sebesar 30 gram dan dua mobil hasil aksi hiptonis.

“Kita harapakan dengan kegiatan cipta kondisi yang hampir dua minggu kita laksanakan, dapat memberikan rasa aman dan nyamam pada masyarakat khususnya menjelang natal dan tahun baru,” ungkapnya.

Ia mengatakan, terkait penyebaran narkoba jelang tahun baru, pihaknya akan terus memperketat akses masuknya barang tersebut ke Makassar dengan meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

“Memang indikasi pengunaan narkoba, diindikasikan akan meningakat jelang tahun baru. Untuk itu kami akan tetap kita lakukan pengawasan, pemantauan terhadap penumpang-penumpang yang turun dari kapal pelni ataupun kapal-kapal dari kalimantan, itu yang akan kita lakukan pengawasan secara ketat,” jelasnya.

Selain itu, untuk mencegah perederan narkoba di wilayah Kota Makassar pihaknya bersama tim resmob narkoba akan terus melakukan penyelidikan ditemapat-tempat yang disinyalir akan digunakan sebagai tempat penyalahgunana narkoba, terlebih jelang moment tahun baru.

“Kami akan terus melakukan penyelidikan untuk melakukan pengungkapan kasus-kasus narkoba, utamanya ditempat-tempat hiburan maupun tempat lain yang sering kali diindikasikan digunakan sebagai tempat penyalahgunaan narkoba. Sekarang kan Narkoba bukan hanya ditempat hiburan tapi juga di tempat kos maupun tempat tertutup lainnya,” jelasnya.

Setelah melaksanakan operasi cipta kondisi ini kata dia, pihak Polres Pelabuhan Makassar juga akan melanjutkan upaya penjagaan kondisi Kantibmas diwilayahnya dengan menyelengaran Operasi Lilin 2017. Dengan harapan agar perayaan Natal dapat diselengarakan dalam kondisi yang aman dan nyaman.

“Operasi lilin ini sifatnya memberikan pelayanan keamanan pada masyarakat utamanya menjelang perayaan natal, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan aman dan nyaman,” ungkapnya.

 

Penulis : Andhis || Editor : Elis

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close