MakassarPolitik

Deklarasi ACO Diduga Kerahkan Massa Bayaran, Apa Kata Wahab?

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – 500 ribu massa yang dikerahkan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rahcmatika Dewi (Appi-Cicu Oke disingkat ACO) saat pendaftaran di KPU, Rabu (10/1/2018).

 

Massa tersebut belakangan diketahui merupakan massa bayaran yang dikerahkan oleh sejumlah elit partai politik. Bahkan berdasarkan keterangan dari salah satu massa dalam sebuah video mengaku belum mendapatkan  bayaran sebagaimana yang dijanjikan, yakni Rp50 ribu per orangnya.

 

Dikonfirmasi perihal video tersebut, Sekretaris DPD I Golkar Makassar, Abdul Wahab Tahir, mengaku tidak mengetahui kondisi teknis pendaftaran pasangan calon ke KPU,  yang diusung partainya.

 

“Kalau itu saya tidak tau dinda, saya hadir sebatas sebagai bentuk konstitusional karena saya sebagai Sekretaris Partai yang hadir atas perintah partai.”kata Wahab.

 

Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar, Nursari menjelaskan money politik dalam pelaksanaan Pilkada berlaku ketika ditemukan adanya pemberian sejumlah uang atau materi lainnya dengan tujuan mempengaruhi orang atau memilih atau tidak memilih paslon tertentu.

 

“Jadi kalau misalnya ada yang dikerahkan untuk mengantar pasangan calon masih harus kita dalami apakah memang ada peristiwa yang memenuhi unsur di atas tadi,”kata Nursari.

 

Termasuk bayaran yang dijanjikan kepada massa saat pendaftaran APPI-CICU ke KPU. Sebab kata dia bayaran tersebut bisa saja berupa biaya akomodasi.”Jadi tidak semua uang yang keluar dalam pilkada itu adalah monay politik, bisa saja cost politik, katanya.

 

Dari sumber yang enggan disebutkan namanya, bahkan sejumlah parpol pengusung Appi-Cicu  mendapat jatah sebesar Rp65 juta per partai untuk mengerahkan massa saat mengantar Appi-Cicu mendaftar ke KPU sebagai peserta di Pilwali.

 

Penulis : Nurul || Editor : Elis 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button