Makassar

Milad ke 16, IKM Ziarah Ke Makam Andi Oddang, Arsyad B, dan H M Asjik

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Ziarah ke makam Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Oddang dan Ketua DPRD Sulawesi Selatan Arsyad B, serta pengusaha hotel pertama di Makassar, H M Asjik, merupakan serangkaian kegiatan dalam menyambut milad Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Parepare ke 16.

Milad IKM Parepare ke 16 jatuh pada hari inj, Senin (12/2). sementara tujuan ziarah kemakam sesepuh IKM Parepare guna memberikan pemahaman pada mahasiswa dan pelajar mengenai sejarah lahirnya kerukunan keluarga masyarakat. turut hadir Sekertaris Jenderal IKM Parepare Arqam Azikin, Asnah Baharuddin dan sejumlah pengurus lainnya.

Ketiga tokoh ini, dinilai sangat berperan dalam mewadahi kerukunan masyarakat pada tahun 60-80an. kerabat dekat ketiga tokoh tersebut Andi Syamsu Alam Mallarangeng menjelaskan mereka adalah sosok yang paling dermawan, terutama dalam membina kalangan pelajar dana mahasiswa pada masanya.

“Dulu, Andi Oddang, Arsyad B, dan H M Asjik sangat loyal pada setiap kegiatan kerukunan masyarakat dan mahasiswa, dikediaman H M Asjik yang beralamat di Jalan A P Pettarani sering dipadati oleh warga kerukunan masyarakat parepare kala itu”, beber Andi Syamsu Alam Mallarangeng, selaku Ketua IKM Parepare.

Khusus H M Asjik, lebih lanjut Andi Syamsu Alam Mallarangeng menambahkan, Hotel Raodah yang beralamat di Jenderal Sudirman dulunya milik H M Asjik dan kini berpindah tangan manajemen Novotel, dengan mengunjungi makam beliau hari ini, (12/2) ada banyak hal yang kembali dikenang semasa beliau masih hidup, Imbuhnya.

Selain Pengusaha Hotel kenamaan, juga terdapat pengusaha Beras paling top di Indonesia Timur pada masa 1960-1980an beliau adalah Abdul Salam atau biasa dipanggil Puang Salam. pengusaha kelahiran teteaji, kabupaten Sidrap ini memulai usahanya di jalan Sungai Carekang atau pada masa kini lebih kenal warung sarabba sungai carekang (Sucer). dari keterangan sumber yang enggan disebutkan namanya, menyebutkan bahwa Puang Salam ini sangat dekat dengan H M Asjik pada masa itu bersama sederet pengusaha sukses dijamannya.

 

Editor : Elis 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button