Hukum & Kriminal

Waduh, Polres Pelabuhan Ringkus Empat Pelaku Pasow Bitz di Kendari

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR — Anggota Reserse Kriminal Polres Pelabuhan berhasil meringkus empat pelaku tindak pidana penipuan online (Pasow Bitz) yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Pelabuhan.

Keempat pelaku masing-masing yaitu Febri Wijayanto alias Miswar (30) warga Kendari, Muh Yunus alias Yunus (22) warga Kolaka, Rahman bin Usman (21) warga Kolaka dan Agus Salim alias Agus (29) warga Kolaka.

Kapolres Pelabuhan, AKBP Aris Bachtiar mengatakan penangkapan terhadap pelaku berdasarkan adanya laporan polisi seorang perempuan yang menjadi korban para pelaku. Sehingga anggota langsung melakukan penyelidikan dan saat mengetahui keberadaannya langsung dilakukan penangkapan.

“Keempat pelaku berhasil diringkus di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara, tepatnya di Kota Kendari,” ucap Aris Bachtiar saat press release di Mapolres Pelabuhan, Senin (12/3/2018) sore.

Aris menjelaskan, untuk modus para pelaku melakukan penipuan yaitu dengan cara mencari nomor HP korban secara acak dengan mengirimkan SMS bohong. Kemudian, menelpon korban dan mengaku telah mengirim uang muka atau DP.

Dimana sebelumnya kata Aris, pelaku berpura-pura hendak membeli Hp korban yang kebetulan pedagang Hp dengan mengaku telah mengirim uang sebanyak Rp2,9 Juta. Akan tetapi uang tersebut tidak kunjung dikirim namun pelaku bersikukuh telah mengirim.

Sehingga para pelaku, meminta korban mengecek ke ATM Mandiri dan meminta korban untuk mengikuti apa yang diperintahkan yaitu menindis angka-angka yang disebutkan. Namun, korban tidak menyadari bahwa ia telah melakukan transfer kepada pada pelaku.

“Korban dua kali melakukan transfer dengan kerugian keseluruhan korban yaitu Rp 19,997,998,” tambahnya

Hingga saat ini, keempat pelaku telah diamankan di Mapolres Pelabuhan untuk dilakukan proses hukum lebih. Mereka pun juga diancam dengan hukuman empat tahun penjara.

 

Penulis : Andhis

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close