Pendidikan

AJD Mengajak Mahasiswa Menyebarkan Informasi Geospacial

COMPAKSULAWESI.COM – GOWA – Geospacial merupakan ilmu yang mempelajari tata ruang bumi. Namun, sampai sekarang masih banyak orang belum mengetahui geospacial. Hal ini membuat Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar (IKA UP/UNM) mengadakan sosiallisasi geospasial.

IKA UP/UNM sendiri mengahadirkan Andi Jamaro Dulung selaku pemateri dalam sosiallisasi tersebut di Undiklat PLN pada sabtu (31/03) lalu. Dalam sosiallisasi itu Andi Jamaro Dullung atau lebih akrab disapa (AJD) menjelaskan sangat penting mempelajari Geospacial.

Lebih lanjut lagi AJD mengatakan pentingnya geospacial dipelajari, agar masyarakat tau batas-batas daerah yang ada.

“Yah, harapan saya setelah sosiallisasi geospacial ini masyarakat lebih tau terkait geospacial ini. Terlebih lagi geospacial sangat penting dalam pembangunan Daerah”, Jelas anggota DPR RI komisi VII tersebut beberapa waktu lalu.

Selain itu anggota legislatif dari fraksi PPP itu menyampaikan, jika sampai sekarang masyarakat masih belum tau batas-batas pasti daerahnya. Dan tidak hanya itu, ilmu geospacial juga berguna untuk menghindari sengketa perbatasan

AJD menambahkan dengan adanya kegiatan ini. tidak hanya mahasiswa akan tetapi, seluruh peserta yang hadir dalam sosiallisasi ini dapat menyebarkan informasi tentang geospacial.

“Semoga yang hadir dapat menyampaikan informasi setelah mengikuti sosiallisasi geospacial kepada masyarakat lain”, tutup AJD.

Sementara Inspektur Badan Informasi Geospasial (BIG) Sugeng Prijadi mengatakan, tugas pokok BIG melaksanakan tugas pemerintahan dibidang informasi geospasial, yakni semua informasi dan berbagai jenis data mengenai kenampakan bumi. Informasi tersebut biasa dikenal dengan istilah Informasi Geospasial (IG). Ada berbagai macam IG antara lain peta dasar yang meliputi peta tematik datar, peta tutupan lahan, peta risiko bencana, peta zonasi wilayah, dan peta sosial-ekonomi

Peta ini biasanya dimanfaatkan oleh instansi untuk membuat peta-peta tematik yang dibuat sesuai peruntukkan dan sesuai kebutuhan masing-masing, termasuk kepala Desa dan Camat,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, AJD didampingi Sugeng Prijadi memperlihatkan gambaran peta Indonesia terbaru yang dibuat BIG.

 

Penulis : Nurul 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close