BeritaDP2

DPP Makassar Bentuk Tim Terpadu Uji Kandungan Formalin pada Ikan

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR –Untuk mengurangi kegusaran di masyarakat dan memberi rasa aman terhadap peredaran obat terlarang dan makanan berbahaya.

Dinas perikanan dan pertanian (DPP) Kota Makassar bentuk tim khusus melakukan aksi pengawasan terpadu produk perikanan di UPTD pangkalan pedaratan ikan (PPI) Paotere jalan sabutung I. Kelurahan gusung kecamatan ujung tanah, Senin (2/04/2018).

Tidak tanggung tanggung tim DPP Makassar Bekerjasama dengan Balai karantina ikan, BPOM, Dinas Kelautan Perikanan Prov sul sel dan Disperindag. Melakukan uji kesegaran ikan melalui uji organoleptik dan uji formalin pada beberapa jenis ikan.

“Uji Organoleptik atau uji sensori merupakan cara pengujian dengan menggunakan indra manusia sebagai alat utama untuk pengukuran daya penerimaan terhadap produk perikanan”, Kata Kepala bidang kelembagaan dan pengembngan usaha sekaligus kordinator pelaksana kegiatan Ir.Asmi Ali.

Beliau menambahkan, bahwa Pengujian organoleptik mempunyai peranan penting dalam penerapan mutu. Pengujian organoleptik dapat memberikan indikasi kebusukan,kemunduran mutu dan kerusakan lainnya pada produk perikanan, Dalam pengujian formalin dan organoleptik ini tidak ditemukan kandungan berbahaya.

Jadi masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir lagi membeli ikan segar ataupun produk olahan perikanan lainnya, karena mutu sudah terjamin dan layak konsumsi, ungkapnya.

Pihak DP2 akan terus melakukan pengujian obat dan makanan berbahaya di pasar pasar ikan yang ada di Kota Anging Mammiri agar masyarakat aman dan terhindar dari penyalahgunaan bahan berbahaya pada ikan, tutup Asmi Ali.(rls)

Editor: Elis

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close