Ekonomi & Bisnis

Bank Indonesia Menilai Sulsel Punya Konstribusi Pada Perekonomian Nasional

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan menjadi daerah yang berkontri besar pada perekonomian nasional.

Dari catatan Bank Indonesia (BI), di peroleh kontribusi Sulsel saat ini terhadap ekonomi nasional mencapai hingga 3,08 persen, pada 2017 lalu.

Dalam sambutan Bambang Kusmiaarso Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Seletan, di kegiatan “diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan” berkata.

“Tahun 2016 2016, pangsa ekonomi Sulsel terhadap ekonomi nasional, sebesar 1,75 persen,” jelas Bambang Kusmiarso di Grand Clarion Hotel and Convention, Rabu (4/04/2018).

Bambang menjelaskan, tingginya kontribusi ekonomi Sulsel terhadap nasional, tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi provinsi ini yang tumbuh hingga 7,2 persen pada 2017 lalu, dan 7,4 persen pada 2016 silam.

Lebih lanjut Bambang mengharapkan agar Sulsel tetap mempertahankan indikator pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Sulsel di sumbang oleh sektor pertanian dan perkebunan.

“Sektor pertanian ini punya sumbangsih hingga 21 persen terhadap ekonomi Sulsel, dengan kontribusi penyerapan tenaga kerja hingga 47 persen di dunia lapangan usaha,” ungkapnya.

Meski pertumbuhan ekonomi Sulsel naik, akan tetapi Bambang Kusmiro tetap meminta agar pemerintah Sulawesi Selatan meperhatikan dan meningkatkan komodita di luar nikel.

Hal ini di sebabkan, sebagian dari total nilai ekspor Sulawesi Selatan berasal dari nikel yang disuplai oleh PT Vale (INCO). Karena, Saat harga nikel sedang tidak bagus, saat itu pula neraca perdagangan Sulsel sangat terganggu.

 

Penulis : Nurul 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close