MakassarPendidikan

Bocah Asal Jeneponto Jualan Buah Talak Demi Melanjutkan Pendidikan

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR –Hari sudah sore ketika Ilyas menjajakan buah talaknya diantara laju kendaraan. Meski sudah lama duduk menjajakkan buah talak saat itu, namun belum ada satupun yang membelinya.

Berangkat dari jeneponto Ilyas ke Makassar bersama kakaknya untuk menempuh pendidikan. Tanpa ditemani orang tuanya Ilyas menetap di Abdulah Dg Sirua ditemani kakak dan temanya.

Ilyas mengaku pindah dan ikut kakaknya ke Makassar, untuk menemani kakaknya yang saat ini duduk di kelas 3 SMAN 5 Makassar.

“Pagi-pagi saya terlebih dahulu pergi ke sekolah belajar bersama teman. Saya sekolah di SD Impres Tallo. sampai jam 12 siang”, Cerita Ilyas ketika menjajakan jualnya di samping PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di daerah Tello, Kecamatan Panakukang, selasa (17/04/2018).

Ketika menjelang sore Ilyas pergi kesamping PLTU, lalu menjual buah-buah talaknya dengan harga Rp 5.000 rupiah. Buah-buah talak tersebut didapat dari orang tuanya yang berada di Jeneponto.

Hal ini dilakukan oleh Ilyas untuk menyambung kehidupannya selama dikota Makassar. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, akan tetapi, sebagai uang jajan Ilyas selama disekolah. Keberadaan orang tua yang jauh membuat Ilyas harus bekerja di usia muda.

Ilyas mengatakan, dalam sehari kadang mendapat keuntungan Rp 20.000 atau Rp 30.000. Keuntungan itu tidak menentu.

“Saya mulai berjualan mulai sore hingga malam jam sembilan. modal setiap buah talak Rp 3000 rupiah. Keuntungan saya tabung atau saya simpan untuk biaya sekolah”, Jelas siswa kelas 5 SD tersebut.

Ilyas berharap dengan usahanya untuk bersekolah dapat meraih cita-citanya suatu saat nanti. Cita-cita Ilyas sendiri ingin menjadi seorang presiden ketika besar.

 

Penulis : Nurul 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close