Hukum & Kriminal

Resmob Polsek Panakkukang Bekuk Residivis Lintas Provinsi

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Resmob Polsek Panakkukang berhasil membekuk residivis dor to dor lintas Provinsi atas nama Andre (34) pada Senin dini hari, 16 April 2018.

Awalnya Resmob Panakkukang yang dipimpin Panit 2 Reskrim Ipda Roberth Hariyanto Sigap melakukan Hunting/Patroli, lalu mendapatkan informasi bahwa pelaku dor to dor lintas provinsi sedang berada di daerah Tello.

“Anggota menuju TKP dan langsung mengamankan Andre untuk dilakukan interogasi,” ucap Kapolsek Panakkukang, Kompol Ananda.

Dalam introgasi pelaku mengakui bahwa benar dirinya telah melalukan pencurian dengan cara merusak jendela kamar rumah korban, dan berhasil mengambil barang-barang berharga milik korban dan menelan kerugian sebesar 25 juta.

Pelaku juga mengakui, bahwa benar dirinya telah melalukan pencurian dengan cara masuk dalam kos pada saat pintu kos korban dalam keadaan tidak terkunci. dan berhasil mengambil 1 unit Hp Oppo F3 plus dan menjual Hp tersebut di daerah Manado dengan kerugian sebesar kurang lebih 4 jt.

Tidak hanya itu, kasus lain yakni pencurian dor to dor sebanyak tiga kali di wilayah Gorontalo juga diakui pelaku.

“Pelaku telah mengakui bahwa setiap kali berhasil melakukan pencurian di Makassar, pelaku langsung menuju kabupaten Gorontalo untuk mengamankan diri,” ungkap Ananda.

Mendapatkan cukup banyak informasi, polisi langsung melakukan pengembangan penunjukan TKP dor to dor di wilayah hukum makassar, namun pada saat polisi melakukan pengembangan pelaku sempat melakukan perlawanan dan ingin melarikan diri. Seketika pula Polisi memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3x namun pelaku tidak menghiraukannya.

“Pelaku berusaha melakukan perlawanan saat penunjukan TKP, dan anggota pun melakukan tindakan tegas dengan cara melumpuhkannya dengan timah panas dan mengenai kaki bagian betis sebelah kanan pelaku,” ucap Ananda. Selanjutnya pelaku di bawa ke Rs. Bhayangkara guna penanganan medis lebih lanjut.

Dari tangan the spesialis door to door lintas provinsi ini, diamankan barang bukti berupa sebuah tas warna hitam merk santer milk korban, satu buah Celengan milik korban beserta uang Rp. 228.000, satu buah linggis warna biru dan satu buah kalung emas.

Kompol Ananda Fauzi Harahap. S.ik menjelaskan, saat di temui diruang kerjanya bahwa pelaku Andre telah mengakui perbuatannya bahwa sering melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan (curat) dan pada saat di bawa menunjukan TKP, pelaku berusaha kabur dengan cara merontak dan akhirnya di hadiahi timah panas sebanyak satu kali dibetis kanan.

Lalu pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, guna mendapatkan bantuan medis dan di bawa kembali ke mako polsek panakukan guna mempertanggun jawabkan pebuatannya, sementara pasal yang di kenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, tutup Ananda.

 

Penulis : Andhis

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close