MakassarPemkot Makassar

Daeng Ical Lantik 116 Pejabat Struktural Pemkot Makassar

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR  – Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, melantik 116 pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, di Ruang Pola Sipakatau, Balai Kota Makassar, Jalan Ahmad Yani, Jumat 20/4/2018.

Pelantikan yang disertai dengan pengambilan sumpah jabatan tersebut mencakup tujuh pejabat eselon III, 96 eselon IV, dan 13 pejabat fungsional atau kepala sekolah.

Pengangkatan Pejabat Eselon II Tanpa Lelang, Ini Alasan Deng Ical
Ada Pejabat Tak Sesuai Kualifikasi, Deng Ical: Ada Pertimbangan Lain
Plt Wali Kota Makassar Lantik 116 Pejabat Eselon III, IV, dan Kasek.

“Alhamdulillah hari ini kita telah mengisi 116 dari 247 jabatan yang lowong. Ini prosesnya sudah lama, dan telah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2018,” kata Syamsu Rizal.

Pelantikan tersebut juga dianggap sejalan dengan Surat Edaran (SE) Mendagri, Nomor: 821/970/SJ tentang Penggantian Pejabat oleh Pj/Plt/Pjs Kepala Daerah Yang Menyelenggarakan Pilkada Serentak.

Surat Edaran yang menegaskan Pejabat (Pj)/Pelaksana Tugas (Plt)/Pejabat Sementara (Pjs) kepala daerah hanya diperkenankan mengisi jabatan yang lowong dan melakukan mutasi jabatan, jika telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

“Pelantikan ini telah memperoleh izin tertulis dari Menteri Dalam Negeri, untuk dapat melakukan pengisian jabatan yang lowong. Tujuannya untuk mengantisipasi potensi terjadinya stagnasi dalam tubuh birokrasi di Kota Makassar,” ungkap pria yang akrab disapa Deng Ical itu.

Dengan demikian, lanjutnya, sebagai tindak lanjut dari kekosongan jabatan yang tersebar di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Makassar, maka dilakukan pengangkatan pejabat yang mempunyai kesesuaian. Baik dari aspek kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan rekam jejak.

“Pejabat yang dilantik hari ini, juga dipilih berdasarkan rekomendasi Tim Penilai Kinerja dalam hal ini Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Diketuai oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar, anggotanya inspektorat dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), dan SKPD teknis,” pungkasnya.

 

Penulis : Irwan

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close