Serba Serbi

Di Kabupaten Gowa, Komunitas Ini Gelar Festival Kebudayaan

COMPAKSULAWESI.COM, GOWA – Komunitas Roemah Langit gelar kemah literasi dan pentas seni di Festival Rapang Bulang di lapangan desa Bonto Tangnga, kecamatan Bonto Lempangan, kabupaten Gowa.

Festival ini dilaksanakan selama tiga hari sejak Jumat sampai Minggu 30 Oktober 2018.

Festival Rapang Bulang sendiri adalah festival budaya yang dilestarikan untuk merawat warisan orang-orang terdahulu di Gowa.

Festival Rapang Bulang di lapangan desa Bonto Tangnga, kecamatan Bonto Lempangan, kabupaten Gowa

“Kami menggelar festival ini karena kami sedang berusaha merawat warisan budaya pendahulu kami. Kami ingin mengembalikan pandangan pemuda hari ini bahwa kita kaya akan budaya yang keren dan positif,” ujar Lina selaku pendiri komunitas Roemah Langit.

Lina juga mengungkapkan bahwa pemuda saat ini tidak harus jauh-jauh keluar negeri untuk mencari sesuatu yang keren, cukup dengan merawat budaya lokal daerah masing-masing.

“Tidak usah ke luar negeri untuk dapat gelar keren. Cukup kita bangga dan merawat dengan budaya sendiri saja. Bangga dengan budaya luar belum tentu baik, tapi melestarikan budaya sendiri sudah pasti baik,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh komunitas-komunitas dari dalam dan luar Gowa. Festival ini juga diisi oleh perform tari tradisional dan kreasi, musik tradisional, musikalisasi puisi, monolog dan berbagai seni lainnya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Pasang Tu Riolo” ini dipandu langsung oleh MC beken Ramly Ambologo.

Editor: Maman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close