Pemkot Makassar

PD Parkir Makassar Raya Bakal Terapkan Sistem TPE

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR – PD Parkir Makassar Raya terus berinovasi dalam membenahi masalah perparkiran. Salah satunya dengan menerapkan sistem Terminal Parkir Elektronik (TPE).

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Satriani Ulfa Mungkasa mengatakan, penerapan sistem TPE merupakan langkah perencanaan dalam perubahan penataan parkir. Khususnya parkir tepi jalan.

Dalam perencanaan tersebut, PD Parkir akan menerapkan teknologi e-parking dan pembayaran non tunai e-payment. Melalui sistem ini diharapkan mampu meningkatkan PAD Kota Makassar dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Ini dilakukan karena tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan namun tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan parkir, serta mekanisme pungutan parkir rawan kebocoran karena tidak transparan,” kata Fifi sapaan akrab Dirut PD Parkir, Selasa (16/10/2018).

Sebagai langkah awal, lanjut Fifi, PD Parkir akan menggandeng PT Kinarya Terbaik Indonesia dan Bank Jawa Barat (BJB) untuk mengelola perparikiran di Makassar, melalui sistem Terminal Parkir Elektronik(TPE).

Fifi menyebutkan, teknis penerapannya masih akan dibahas oleh PD Parkir bersama PT Kinarya Terbaik Indonesia, termasuk soal tarif parkir yang nantinya akan memakai tarif progresif.

“Ini baru awal, sekadar sosialisasi ke masyarakat, rencana penerapannya awal tahun 2019,” ucap Fifi.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Kinarya Terbaik Indonesia Wahyu Ramadan mengatakan, sistem Terminal Parkir Elektronik telah ini telah diterapkan di sembilan Kota di Indonesia. Sehingga Makassar akan menjadi kota ke-10 yang menerapkan sistem parkir seperti ini.

“Kita sudah terapkan di sembilan kota seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan Surabaya serta beberapa kota-kota lainnya,” tukas Wahyu. (*)

Penulis : Didit

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close