MakassarPemkot Makassar

Memasuki Musim Hujan, Dinas PU Makassar Percepat Normalisasi Saluran

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar saat ini terus melakukan percepatan perbaikan saluran drainase jelang musim hujan demi mengantisipasi terjadinya genangan air.

Musim penghujang diperkirakan akan melanda Kota Makassar, November mendatang. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, saat musim hujan berlangsung, sejumlah ruas jalan di kota ini digenangi air.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU Makassar, Muh Fuad Azis mengatakan, saat ini pengerjaan normalisasi drainase memasuki tahap lelang tender di LPSE.

“Kita berdoa mudah-mudahan tidak ada gagal lelang. Kalau sesuai schedule kita masih punya waktu dalam kondisi terburuknya 60 hari kalender proses kerjanya,” ucapnya.

Menurutnya, seluruh daerah prioritas percepatan normalisasi saluran drainase telah dianggarkan melalui dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Termasuk daerah langganan banjir seperti di Komplek Kodam III, Kecamatan Biringkanaya dan Komplek Swadaya, Jalan Toa Daeng, Kecamatan Panakkukang.

“Semua daerah kita prioritas. Apa yang ada di DPA kita upayakan bisa selesai. Termasuk Toa Daeng dan Kodam III itu ada dalam pelaksanaan fisik kita tahun ini. Tapi, kita tidak terlalu menjamin pengendalian genangan di situ, kita hanya berusaha meminimalisir genangan yang ada di sana,” ujar Fuad.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Muhammad Rusli meminta kepada seluruh pemerintah kecamatan, kelurahan, khususnya RT/RW agar mengimbau seluruh masyarakat di wilayahnya agar intens membersihkan saluran air agar bebas dari sedimen.

“Hanya itu intruksinya, karena selama inikan cuma air tergenang sambil kita sosialisasikan agar bersih lingkungan, jangan buang sampah di sembarang tempat,” kata Rusli. (*)

Penulis : Didit

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close