MakassarPemkot Makassar

Pengerjaan IPAL Dikeluhkan Warga, Ini Penjelasan Dinas PU

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR – Sejumlah warga di Jalan Urip Sumoharjo Lorong 1 mengeluhkan pengerjaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di wilayah tersebut.

Mereka menilai, pengerjaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar tanpa disertai sosialisasi ke warga setempat.

Menanggapi keluhan tersebut, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Nirman mengatakan, pengerjaan proyek IPAL di beberapa titik tahun ini diserahkan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di bawah pengawasan Badan Swadaya Masyarakat.

Dinas PU hanya menjadi fasilitator dalam pencairan anggarannya mengingat dana pengerjaan berasal dari pemerintah pusat dan langsung diserahkan ke KSM.

“Jadi bentuknya di sana adalah proyek KSM. Mereka yang kerja dan tentukan tukangnya, nanti ada pengerjaan berat baru kita turun membantu,” kata Nirman.

Meski begitu, Nurman mengaku menyayangkan pihak KSM di wilayah tersebut yang minim sosialisasi sebelum melakukan pengerjaan proyek.

Menurut dia, kekhawatiran warga tentang kerusakan bangunan akibat pembangunan IPAL tidak akan terjadi, lantaran galian IPAL yang disarankan sedalam 3 meter.

Bahkan beberapa proyek serupa seperti Jalan Faisal XIV Banta-Bantaeng, kata Nirman, telah berhasil dilakukan. Air limbah yang dihasilkan di area tersebut telah digunakan oleh warga untuk menyiram tanaman.

“Masalah utamanya ada di sosialisasi, galian yang ukuran 40 cm itu adalah bak kontrol, jadi bukan galian pipanya, pipanya nanti dalam. Pipa yang digunakan berstandar SNI, ini tidak akan merusak rumah warga, apalagi sudah ada tim fasilitator yang kita turunkan,” ucap Nirman.

Penulis: Didit

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close