Pemkot Makassar

PU Target Keruk 7 Juta Kubik Drainase Tahun Ini

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR – Menjelang musim penghujan, Bidang Pengembangan Sumber Daya Air dan Drainase (PSDA dan Drainase) beserta kecamatan tengah gencar melakukan pembersihan dan pengerukan sedimen drainase.

Kepala Bidang PSDA dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Muh Fuad Aziz mengatakan, pihaknya menurunkan 400 satgas setiap kali melakukan pembersihan dan pengerukan.

Ia mengasumsikan, apabila setiap satgas mengangkat 0,4 kubik setiap hari, maka jumlah sedimen yang terangkat bisa mencapai 5 juta kubik.

“Kita target 7 juta kubik tahun ini, adapun pengerukan kita lakukan sebanyak dua kali setahun di tempat yang sama,” kata Fuad, sapaan akrab Fuad Aziz.

Menurut Fuad, masalah utama pada drainase adalah sampah. Kebiasaan masyarakat membuang sampah pada drainase mengakibatkan banjir saat musim penghujan tiba.

Untuk itu, mulai tahun ini, dia meminta kepada rekanan yang mendapat proyek pengerjaan drainase agar melengkapi bangunan dengan penutup.

“Pengangkatan sedimen kita lakukan sebanyak dua kali di tempat yang sama, sedimen aman, timbul lagi masalah baru, sampah-sampah yang menggenang di drainase ini menjadi penyebab utama banjir saat musim hujan,” katanya.

“Saya perhatikan, sampah di drainase tidak pernah habis, sudah kita bersihkan, ada lagi. Oleh karena itu, kita meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di drainase,” pungkasnya. (*)

Penulis : Didit

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close