Serba Serbi

Analisis Ketua Umum Perdospi Mengenai Penyebab Lion Air JT-619 Jatuh

COMPAKSULAWESI.COM – JAKARTA – Ketua umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan (Perdospi), Wawan Mulyawan menduga jatuhnya Lion Air JT-610 karena adanya penyebab multifaktorial.

“Penyebab kesalahan manusia (human factor) hanyalah salah satu sebab saja yang mungkin terkait ataupun tidak terkait,” kata Ketua Umum Perdospi Wawan Mulyawan, Selasa (30/10/2018) melalui siaran persnya.

Selain human factor, kata Wawan, berdasarkan data yang ada dalam kecelaaan pesawat saat take off, penyebab lainnya adalah “technical error”. Yakni pesawat dalam fase “take off” dan belum mencapai ketinggian sesuai level yang direncanakan.

“Kecelakaan saat take off memang merupakan penyebab kecelakaan terbanyak kedua selain saat “landing”,” paparnya.

Ia juga mengaku, untuk memastikan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610, pihaknya pun telah mempersiapkan tiga investigator kecelakaan pesawat terbang di Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Sehingga dalam hal ini Perdospi telah mengerahkan SDM untuk menyelidiki kejadian-kejadian kecelakaan pesawat udara, termasuk kecelakaan Lion Air ini,” akunya.

“Ketiga para anggota Perdospi yang berada di KNKT tersebut sudah diminta “stand by” oleh KNKT jika sewaktu-waktu harus diberangkatkan ke lokasi kecelakaan untuk menjadi investigator di bidang Human Factor,” sambungnya.

Berikut nama-nama ketiga investigator tersebut:
– dr Hidayat, SpB, SpKP (aktif),
– dr Djunadi, MS, SpKP (aktif),
– dr Herman Muljadi, MS, SpKP.

Penulis Kurniawan

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close