Opini

Opini: Kunci keberhasilan kota Hirosima dan Nagasaki Jepang

Pendidikan adalah senjata paling ampuh di dunia ini.

Kalimat tersebut diungkapkan oleh Nelson Mandela, tidak berlebihan jika beliau mengucapkan hal tersebut. Teringat dengan kejadian Agustus 1945 ketika Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ke kota Hirosima dan Nagasaki. Pemerintah Jepan tentunya waktu itu sangat panik, dua kota tersebut rata dengan tanah.

Yang pertama dilakukan pemerintah Jepan waktu itu adalah mencari seorang guru yang masih hidup. Pemerintah Jepan paham betul betapa pentingnya pendidikan, kini kota Hirosima dan Nagasaki berkembang dengan pesat. Pemerintah Jepan menjemput pendidikan dan tenaga pendidik.

Penjemputan akal sehat sersebut menjadi bukti betapa dahsyatnya pendidikan.

Indonesia harus segera memahami hal tersebut, betapa pentingnya pendidikan. Tantangan transformasi di abad ke 21 ini semakin berat. Perkembangan ilmu pengetahuan berubah sangat cepat. Sehingga, perkembangan tersebut harus mampu diikuti oleh siapa pun.oleh karenanya, membutuhkan pemikiran-pemikiran yang baik tentunya, dengan kerangka konseptual yang memadai.

Abad ke 21, hampir segala sesuatunya berbasis digital. Perkembangan ini tidak menjadikan pendidikan akan lebih cepat menguasai dunia. Semakin canggihnya teknologi membuktikan keberhasilan dunia pendidikan dalam bereksperimen. Bangsa kita harus segera berbenah terhadap masalah pendidikan di Indonesia, masih banyak yang harus diperbaiki dalam dunia pendidikan Indonesia. Kita harus punya target dalam mengembangakan dunia pendidikan.

Pendidikan tidak akan pernah mengkhianati sebuah bangsa.

Keberhasilan Negara-negara asia lainnya dan eropa dikarena pengololaan sumber daya manusianya yang baik. Pengololaan sumber daya manusia yang baik dilakukan oleh lembaga pendidikan.

Guru harus mampu diajar lebih professional dan siswa harus diberikan pemahaman yang baik terhadap dunia pendidikan. Perbaiki system pendidikan nasional, agar bangsa Indonesia semakin jaya dimasa depan.

Penulis: Andi Agus (Mahasiswa Pascasarjana Unismuh Makassar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close