Hukum & Kriminal

Pelaku Curat Lintas Kabupaten Akhirnya Diciduk Team Resmob Polsek Wajo Kota Makassar

COMPAKSULAWESI.COM, MAKASSAR –   Aparat kepolisian berhasil menjaring seorang pemuda yang merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang diboyong dari Kendari.

Ialah Akbar (18) merupakan seorang residivis lintas kabupaten. Tercatat ada empat laporan polisi yang menyeret nama pemuda ini, diantaranya 2 kasus pencurian Hp, 1 kasus pencurian aki, dan 1 kasus pencurian laptop.

Kanit Reskrim Polsek Wajo, Iptu Usman Tobo, SH mengungkapkan, dalam menjalankan aksinya, pelaku tidak sendirian.

“Saat pencurian terakhirnya yang berhasil mengambil 3 unit laptop (2 merk Toshiba dan 1 merk Acer), pelaku bersama 3 orang rekannya yakni lelaki. Aco (DPO), lelaki. Ijal (DPO), dan Icca,” ungkap Iptu Usman saat dikonfirmasi, Rabu (30/1/2019).

Kasus ini terungkap setelah pelaku mencoba menjual laptop dari hasil curiannya di salah satu ekspedisi di Jl. Kalimantan Kota Makassar. Ternyata, ekspedisi yang ia tawarkan adalah keluarga dari korban yang mengaku telah kehilangan laptop.

Setelah melakukan kejahatan, Akbar melarikan diri dan menetap sementara di Kendari selama beberapa bulan di rumah salah seorang keluarganya.

Iptu Usman juga menambahkan, pelaku Akbar ditangkap di Kendari karena kedapatan membawa senjata tajam (sajam) berupa badik.

“Saat mengetahui keberadaan Akbar di Kendari, Tim Resmob Polsek Wajo yang dipimpin oleh Panit II, Iptu Hamka, SH segera meluncur ke lokasi yang dimaksud untuk membawa pulang pelaku,” bebernya.

Setibanya di Mako polsek Wajo, pelaku mengakui kalau barang hasil curiannya dibarter dengan paket sabu seberat 0,5 gram di Sapiria untuk dikonsumsi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 dengan ancaman hukuman pidana diatas 7 tahun penjara.

Penulis: Andhis || Editor: Maman

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close