Hukum & KriminalJawa

Modul Penipuan Lewat MiChat Kian Marak di Yogyakarta

COMPAKSULAWESI.COM – YOGYAKARTA – Modus penipuan melalui akun aplikasi MiChat kian marak di Yogyakarta, Nova Ariscy yang diketahui perempuan cantik berkulit putih mengibuli korbannya dengan cara membuka layanan booking online (BO) berdurasi 1 jam 30 menit tarifnya Rp.400.000,-.  dengan dalih pembayaran booking online dibayar melalui Indomaret sesuai kode booking yang diberikan oleh Nova Ariscy pada pelanggannya.

Singkat kata, Nova Ariscy menghipnotis korbannya bernama Kristianto untuk BO di Hotel Arte Malioboro Jalan Pasar Kembang No.53 setelah tawaran Kristianto diterima oleh Nova Ariscy, Rabu (13/3/2019).  Nova dan Kristianto sepakat dengan tarif dan durasi juga hotel, Kristianto pun segera melakukan pembayaran di Indomaret Stasiun  Tugu Jogja tepat didepan Hotel Arthe.

“Mas, silahkan bayar uang booking kamarnya lewat kasir Indomaret depan Hotel Arthe Yogyakarta tunjukkan kode booking yang kuberikan yaitu BL1912HT9QJHNV (Kode Booking Kamar Hotel) dan BL1912HSJG6MINV (Kode Booking Nova Ariscy), pokoknya tunjukkan saja petunjuk gambar yang kukirimkan”, Nova Ariscy meyakinkan pelanggannya.

Kode Booking Nova Ariscy.
Kode Booking Kamar Hotel

Setelah melakukan booking kamar BL1912HT9QJHNV, Nova kembali meyakinkan pelanggan Kristianto agar menyimpan struk transaksi dana booking kamar akan dikembalikan dengan memperlihatkan pada resepsionis hotel sebesar Rp.400.000,- sesuai yang tertera pada struk. setelah itu, Nova Ariscy meminta uang booking untuk dirinya senilai tarif booking kamar.

“Bang Kris, bayar sekali lagi untuk booking aku ya nih kodenya BL1912HSJG6MINV  di Indomaret buruan bang Nova dah ga sabaran ketemu abang”, Nova ngerayu.

Kristianto pun berhasil dikelabui Nova, setelah mengirimkan bukti struk transaksi pada Nova berpura – pura akan menjemput Kris dilobi namun 15 menit menunggu Nova tak kunjung datang ke lobi. tiba – tiba Nova membalas chat Kristianto kalau dia seorang waria yang beralamat di Jalan Pasar Ngino, Ngino Margoagung Seyegen, area sawah/kebun Kabupaten Sleman Yogyakarta.

“Maaf Bang, sebenarnya Nova seorang waria kalau abang mau duitnya dikembalikan datang saja kerumah Nova dengan syarat mesti nyepong dulu ya bang, nomer handphoneku 088-291-000-141”, papar Nova dan langsung blok akun Kristianto di MiChat belakangan diketahui kalau foto di akun MiChat itu palsu.

Merasa duitnya Rp.850.000,- raib, Kristianto mencoba konfirmasi pada resepsionis dengan memperlihatkan transaksi booking kamar. “Wah mas, Ini sih penipuan sudah sering terjadi di Hotel kami bahkan kemarin (12/3/2019) ada juga bapak – bapak yang nyaris kena tipu kayak mas untung saja segera konfirmasi kekami sebelum transaksi, jelas  Siswanto nama samaran, karyawan hotel Arte Malioboro.

Setelah itu, Kristianto juga mengkonfirmasi karyawan Indomaret Stasiun Tugu Yogya dan selanjutnya ke Grapari Telkomsel Yogyakarta untuk meminta status kejelasan paket Internet Telkomsel yang tertera pada struk tersbut.

Hasilnya, karyawan Indomaret malah berdalih kalau transaksi Mas Kristianto ini sudah sesuai prosedur jual beli di Indomaret, dimana sebelum melakukan pembayaran kami konfirmasi lagi untuk mempertegas pembelian. sementara customer servis Grapari Telkomsel Yogya menyarankan agar peristiwa ini dilaporkan pada pihak yang berwajib, tutup Kristianto.

Editor : Didit

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close