Opini

[Opini]: Sambut Pesta Demokrasi dengan Kegembiraan Tanpa Penindasan

 Mari menyaksikan segala bentuk narasi para elit yang dikumandangkan dari berbagai aspek bahasa persuasif untuk mengangkat martabatnya secara sosial, merangkai kata sedemikian rupa dengan tawaran berbagai program, mensuguhi publik dengan lontaran kalimat yang berbunga-bunga, menggunakan konteks tingkat tinggi, yang tak lain hanyalah kepalsuan belaka.

Untuk itu, kita sebagai “Masyarakat awam” hendaklah mengidentifikasi gagasan yang dipertontonkan para elit diberbagai penjuru, hendaklah kita memilah narasi yang indah dan bermanfaat jangka panjang dan hindari narasi indah yang memikiki subtansi nol. Jangan sampai kita termakan dengan kicauan indah tersebut sehingga kita termasuk orang-orang tak terliterasi !

Detik-detik pesta demokrasi akan berlangsung, yang realitas saat ini membingungkan masyarakat awam untuk memaknai realita mana yang asli dan nyata atau isu sara yang manipulatif. Banyak sumbangan bahasa yang penuh kegaduhan sehingga konflik berkembang biak di media sosial ataupun sekitar keseharian, terlepas benar atau rekayasa tersebut, itulah dinamika yg terjadi saat ini.

Sebagai calon perwakilan sudah saatnya tanggap untuk melihat dan mengatasi problema dalam kondisi masyarakat. Yakinkankanlah masyarakat dengan kinerja yang bermanfaat secara sosial sehingga tidak ada dusta diantara masyarakat dan perwakilan. Bukan bekerja keras disanjung dan dipuja seperti dewa dan bidadari untuk merebut hatiya demi munduduki singgahsana, setelah usai demokrasi rakyat ditelantarkan dan ditindas dengan berbagi penderitaan.

Sebagai pemilih perwakilan hendaklah memilih dengan cerdas, analisalah sebaik mungkin visi dan misi para calon wakil rakyat, kenali sedalam mungkin , jangan tergiur dengan janji manis dan bahasa “Dewa” demi terwujudnya rakyat berdaulat dan sejahtera dalam tatanan demokrasi pada bangsa Ini.

Penulis :Hardin

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close