Makassar

PMII Komisariat UINAM Ikut Peringati “May Day” Dengan Aksi Demosntrasi Di Depan Kampus I

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR — Setiap tahunnya pada tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari Buruh dan secara Internasional disebut sebagai “May Day” yang selalu diperingati dengan unjuk rasa. Pada orasi May Day, biasanya berisi tuntutan kenaikan upah untuk para buruh.

Cikal bakal lahirnya hari buruh memang ditandai oleh peristiwa unjuk rasa yang terjadi pada 4 Mei 1886 di Chicago, Amerika Serikat yang kemudian terulang kembali tiap tahunnya.

Pergerakan  Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Alauddin Makassar Cabang Gowa kemudian turut melakukan aksi demonstrasi di depan Kampus 1 UIN Alauddin Makassar.

Dalam aksi ini Muh. Ainun Suhaibar selaku koordinator mimbar mengangkat isu dalam orasinya “Peraturan Pemerintah no. 78 tahun 2015 tentang pengupahan buruh, dimana dalam penetapan PP tersebut serikat pekerja tidak dilibatkan dalam perancangan PP ini, sehingga PP ini hanya mengarah kepada inflasi dan pertumbuhan ekonomi semata dan sudah tidak mengarah kepada KHL (Kebutuhan Hidup Layak)”.

Ditempat yang sama Muhammad Arfah selaku Ketua Rayon PMII Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lebih mengarah kepada jaminan kesehatan buruh. Menurutnya dalam UUD yakni buruh juga membutuhkan jaminan sosial akan tetapi Permenkes kemudian membuat UU baru yang sifatnya tidak lagi menjamin kehidupan buruh, ungkap dalam orasinya.

Koordinator Lapangan (Korlap) Fahim juga mengutarakan kekecewaannya dengan mengungkapkan bahww buruh sebagai garda terdepan dalam kemajuan zaman akan tetapi hari ini buruh masih belum mendapatkan hak-hak baik secara konstitusi maupun secara inskonstisusional, dan juga menganggap bahwa adanya kerja sama antara pemerintah dengan pengusaha dalam penetapan UU Ketenagakerjaan dan PP Tentang Pengupahan yang berdampak kepada kesengsaraan buruh.

Aksi yang berlangsung di Jl. Sultan Alauddin ini sempat membakar ban dan kemudian bubar secara tertib.

Editor : Darma

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close