Pemkot Makassar

Pj Wali Kota Makassar Dilantik Senin Pekan Depan

 Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah akan melantik Iqbal Suhaeb sebagai Penjabat Wali Kota Makassar, pada Senin (13/5). Iqbal ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri setelah Gubernur Nurdin menyodorkan tiga nama kandidat melalui proses seleksi.

“Gubernur ingin pelantikannya digelar di Balai Kota (Makassar),” kata Kepala Biro Pemerintahan Sulsel Hasan Basri Ambarala melalui telepon, Selasa (7/5).

1. Sebelum pelantikan, Wali Kota diisi pelaksana harian

Pj Wali Kota Makassar Dilantik Senin Pekan Depan

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto akan mengakhiri masa jabatan, besok (8/5). Dia bersama Wakil Wali Kota Syamsu Rizal menjabat sejak 8 Mei 2014.

Ambarala mengatakan, posisi Wali Kota Makassar yang kosong tidak akan langsung diisi Iqbal sebagai penjabat. Jabatan itu akan lebih dulu dijalankan oleh pelaksana harian, dalam hal ini Sekretaris Daerah Muhammad Ansar.

“Diisi Sekda sampai pelantikan,” ucapnya.

2. Penjabat Wali Kota bekerja selama 20 bulan

Pj Wali Kota Makassar Dilantik Senin Pekan Depan

Iqbal Suhaeb menjadi Penjabat Wali Kota Makassar, seiring berakhirnya masa jabatan Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Syamsu Rizal. Iqbal akan menjabat selama 20 bulan, hingga ada wali kota terpilih dari pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Jabatan wali kota Makassar saat ini berakhir pada 8 Mei 2019. Jabatan kemudian mengalami kekosongan karena tidak ada pemenang pada Pilkada tahun 2018 lalu.

3. Danny Pomanto lantik 400 pejabat jelang lengser

Pj Wali Kota Makassar Dilantik Senin Pekan Depan

IDN Times / Aan Pranata

Pada hari-hari terakhir kepemimpinanya, Wali Kota Makassar melantik 400 aparatur sipil negara (ASN) untuk mengisi jabatan kosong di lingkup pemerintahan. Diantaranya, mengisi jabatan administrator, pengawas, kepala UP dan kepala sub bagian tata usaha UPT serta jabatan fungsional.

Pelantikan atau pengambilan sumpah dilakukan oleh Danny Pomanto di Kawasan Kanre Rong, Jalan Kartini. Pelantikan bertahap, Senin (6/5) dan Selasa (7/5).

“Pelantikan ini bukan apa-apa tapi merupakan hal yang wajar. Agar nanti setelah PJ Walikota masuk sudah bisa berjalan dengan lancar. Tak ada hubungan dengan politik atau apapun, murni karena perbaikan kinerja,” katanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close