Opini

[OPINI] : 21 Tahun Reformasi

COMPAKSULAWESI.COM – OPINI — Tepat hari ini 21 tahun reformasi, sejak tahun 1998. Mengharapkan negara yang lebih baik untuk mewujudkan kebebasan yang sebebas-bebasnya. Kecuali yang diatur dan dituangkan dalam Undang-undang sesuai kesepakatan bersama.

Proses perubahan ini tidaklah mudah, membutuhkan banyak pengorbanan dari pejuang-pejuang bangsa kita. Tentu untuk memastikan bahwa bangsa kita menjadi negara demokrasi yang sesungguhnya. Negara selalu menjadikan rakyatnya sebagai kedaulatan yang tidak boleh di obrak abrik oleh siapa pun.

Agenda reformasi yang menjadi tuntutan para mahasiswa mencakup beberapa tuntutan, seperti: Adili Soeharto dan kroni-kroninya, laksanakan amendemen UUD 1945, hapuskan Dwi Fungsi ABRI, pelaksanaan otonomi daerah yang seluas-luasnya, tegakkan supremasi hukum, ciptakan pemerintahan yang bersih dari KKN.

Kini dua puluh satu tahun berlalu, harapan itu tentu selalu ada dan tetap akan ada. Rapatkan barisan untuk tetap menjaga tuntutan reformasi. Agar bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan berdaulat. Semoga pemimpin terpilih sesuai rekapitulasi KPU dapat mewujudkan hal tersebut.

Tentu tidaklah mudah. Tetapi hal tersebut pasti bisa diwujudkan apabila kita bersama mewujudkan kejujuran dan transparansi. Sehingga negara semakin kuat dan berwibawa. Tetap yakin bahwa kita bisa, percaya bahwa kita mampu.

Penulis : Andi Agus [] Editor : Darma

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close