Opini

[OPINI] : Pendidikan Kunci Emasnya

COMPAKSULAWESI.COM – OPINI— Era Industri yang biasa kita kenal dengan sebutan 4.0. Adalah era yang memaksa kita untuk melakukan semua hal dengan digital. Bangsa Indonesia tidak mungkin keluar atau menghindari kehidupan tersebut. Sudah tidak mungkin akan, karena kita sudah berada di dalam masa itu.

Kita harus berani mengatakan bahwa pendidikan kita masih berada pada zona tidak aman sampai saat ini. Mengapa demikian? karena pendidikan kita tidak menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berdaya saing tinggi. Kita tidak bisa mengelak berdasarkan data statistik oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2018.

Jumlah pengangguran nasional sebanyak 7.000.691 orang. Terdiri atas 950.533 Sarjana dan Ahlimadya, dan 6.050.158 lulusan SD, SMP, SMA, dan tak pernah sekolah. Jumlah penduduk yang tergolong miskin di Indonesia hingga September 2018 sebesar 25.674.580 jiwa (Badan Pusat Statistik, 2018).

Tentu hal itu harus diperhatikan secara khusus oleh pemerintah, untuk memastikan bahwa pendidikan kita harus ditingkatkan mutunya. Pemerintah selalu mencoba yang terbaik, kabar ini tentu menggembirakan karena untuk biaya pendidikan dan kesehatan di Indonesia berada pada nilai Rp 660 triliun khusus untuk program peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan tahun 2019.

Apakah hal itu sudah cukup? Tentu belum, jika elemen-elemen masyarakat tidak ikut untuk mengembangkan IPTEK. Ini bukan hanya tugas pemerintah pusat tetapi menjadi tugas seluruh insan yang ada di republik ini. Jika kita mengingat ucapan Nelson Mandela bahwa “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”. Teruslah memperbaiki pendidikan di negeri ini. Belajarlah dari Finlandia dan Norwegia. Mereka mampu dan bisa mengubah pendidikan mereka menjadi pendidikan yang sangat hebat dan super.

 

 

Penulis : Andi Agus [] Editor : Darma

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close