Opini

[OPINI] : Pahami Negeri Sendiri

COMPAKSULAWESI.COM – OPINI — Belajar untuk memahami negeri sendiri bukan lagi hal yang baru selayaknya harus membuka lembaran pendahuluan hingga penutup. Sudah terlalu sering kita membaca pendahuluannya. Akhirnya, tersendak di bagian pembahasan. Mengapa demikian? Karena terlalu banyak opsi yang aneh serta janji-janji politik yang hampir tidak masuk akal. Demi mendapatkan kemenangan pada pesta demokrasi di Republik Indonesia.

Pendahuluan yang apik yang diusung dan dipaparkan oleh para politisi seolah mudah diatasi. Ketika sudah menduduki tahta kekuasaan mereka lupa untuk menyelesaikan rumusan masalah yang telah dibuat. Akhirnya, pembahasannya tidak lagi karuan karena mereka hampir melupakan rumusan masalahnya pada saat kampanye.

Padahal, rumusan masalahnya telah di buatkan tujuan yang sangat sempurna dan paripurna dalam bingkai sandiwara. Sehingga, manfaatnya terlalu indah untuk di ekspektasikan tetapi menyedihkan pada dunia nyata. Teoretisnya terlalu menakjubkan, tetapi rakyat lupa ada apa di daftar pustaka. Mungkinkah segala ucapan mereka sudah dikaji dengan metodelogi yang benar? Entahlah!

Harapan para penguji (Rakyat) berharap agar negeri ini sesuai dengan yang di sajikan diawal. Tidak lagi bertele-tele nantinya dengan sejuta alasan tidak penting. Pemimpin tidak boleh banyak alasan, pemimpin harus banyak kerja untuk kebahagiaan rakyat yang dicintainya.

Tentu nantinya para peserta (yang terpilih) menginginkan nilai sempurna. Tetapi hal itu pasti tidaklah mudah. Butuh air mata dan keringat! Jika tidak ingin berdarah-darah untuk nusa dan bangsa, jangan jadi pemimpin tetapi perbanyaklah mimpi indahmu (tidur saja).

Memimpin bangsa hampir-hampir sama menyusun karya tulis ilmiah. Butuh pendahuluan, kajian, metode, hasil, hingga simpulan. Untuk dapat menilai kualitas kepemimpinan seseorang. Jangan saling memaki-maki personal pemimpin, tetapi saling memberi masukanlah jika kalian merasa warga negara Indonesia.

 

 

Penulis : Andi Agus [] Editor : Darma

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close