Opini

[OPINI] : MEDSOS Jalan Pintas Masuk Penjara?

COMPAKSULAWESI.COM – OPINI — Era digital seperti sekarang memaksa kita untuk bergaul melalui Media Sosial. Persoalan-persoalan orang lain terlalu cepat untuk tersebar di berbagai media. Perkembangan IPTEK dan Sains memang sulit di bendung oleh masyarakat karena inovasi-inovasi baru setiap detik bermunculan dari para ahli. Sehingga, apabila kita tidak cukup pengetahuan kita tentu tidak akan bijak dalam menggunakan perkembangan IPTEK dan Sains.

2019 ini menjadi bukti bahwa perkembangan teknologi tentu bisa menjadi malapetaka bagi orang-orang yang ‘Dianggap’ tidak bijak dalam menggunakannya. Mulai dari yang ternama hingga masyarakat pada umumnya terpaksa berurusan dengan hukum. Mungkin mereka menggunakan teknologi tidak punya maksud atau niat untuk membuat jalan pintas masuk penjara. Tetapi apatah lagi jika nasi sudah jadi bubur.

Fenomena di jeratnya delik pengguna media sosial yang ‘tidak’ bijak menjadi tanda tanya bagi masyarakat umum. Tentu dengan pertanyaan sederhana yaitu, untuk apa diatur aktifitas dunia maya seseorang? Tentu jawaban yang paling umum adalah untuk menjaga harkat dan martabat orang lain atau mungkin saja untuk menghindari penyebaran hoax dan tindak kejahatan lain melalui sistem informasi teknologi.

Bila media sosial dilakukan untuk kejahatan, maka kejahatan menggunakan media sosial dilakukan oleh seseorang. Media sosial menjadi wadah untuk melakukan kejahatan. Artinya, jika kalimat tersebut menjadi rujukan maka media sosial harus di musnahkan. Sanggup? Saya yakin generasi 4.0 akan menolak mentah-mentah proposal tersebut jika di ajukan. Berarti, media sosial mewadahi segala aktifitas baik dan buruk karakter seseorang.

Jika kita ingin sepakat untuk mencintai republik ini. Maka tentu kita harus memelihara persatuan dan menunjukkan karakter bangsa Indonesia. Tunjukkan pada dunia kita memiliki moral dan adab yang beradat. Delik hukum tidak lagi gampang menimpah seseorang sehingga kehangatan berwarga negara semakin terasa dan menyerukan kedamaian.

 

Penulis : Andi Agus [] Editor : Darma

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close