Serba Serbi

Apresiasi Kepala Rutan Kelas 1 Makassar atas karya Buku WBP

COMPAKSULAWESI.COM — MAKASSAR — Puncak apresiasi atas karya yang telah ditorehkan oleh sejumlah warga binaan perempuan (WBP) rutan kelas 1 Makassar yang dihadir langsung oleh Kepala Rutan Kelas 1 Makassar. Kamis, (18/7) tepat pukul 10.00 pagi bertempat di rutan kelas 1 makassar resmi di Launching Buku “Suara Perempuan: Cerita dari Balik Jeruji”. Karya ini merupakan hasil dari kegiatan TIM PKM-M UNM tahun 2019.

Ketua Tim dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan PKM-M yang kami laksanakan memiliki dua sasaran utama yaitu pembinaan warga binaan perempuan melalui metode menulis ekpresif, model pembinaan ini mampu menurunkan tingkat stress dan trauma psikologis yang dialami mereka selama divonis dan menjalani masa tahanan. Selain pembinaan kegiatan ini juga mengandung unsur pemberdayaan dan hari inilah bukti bahwa kokohnya tembok rutan dan kuatnya jeruji besi tidak menghalangi ide dan kreatifitas para peserta untuk memberikan inspirasi dan pelajaran hidup untuk seluruh lapisan masyarakat dengan diterbitkannya Buku tersebut.

Ketua Tim PKM-M Astriyanti dan kedua anggotanya Rahmatiah dan Sry wulandari sangat terharu dan berbahagia karena launching buku ini merupakan acara puncak dari kegiatan yang dilakukan di Rutan Kelas 1 Makassar selama kurang lebih 3 Bulan.

Pada Acara launching Buku ini Kepala Rutan Kelas 1 Makassar Bapak Mujiarto AMD.IP.SH turut hadir dan memberikan sambutannya. Didampingi oleh beberapa pejabat serta staf Rutan Kelas 1 Makassar, turut hadir dosen pendamping Tim PKM-M mewakili pihak UNM yaitu bapak Dr. Sultan, S.Pd., M.Pd menyaksikan buah hasil kegiatan PKM-M mahasiswanya sekaligus menyerahkan wsecara wimbolis buku hasil karya warga binaan perempuan kepada Kepala Rutan Kelas 1 Makassar. Serta hadir pula para warga binaan perempuan Rutan kelas 1 Makassar.

Kepala Rutan kelas 1 Makassar menyampaikan dalam sambutannya bahwa. “Kami sangat mengapresiasi ide dari anak-anak mahasiswa ini karena dapat memberikan konsep pembinaan untuk para warga binaan perempuan, kami berharap kepada tim PKM-M dan pihak kampus agar senantiasa melanjutkan program ini secara berkesinambungan dalam membina warga binaan di rutan kelas 1 makassar” tuturnya

Acara Launching Buku “Suara Perempuan : Cerita dari Balik Jeruji” diakhiri dengan penyerahan hasil penjualan buku cetakan pertama secara simbolis kepada Warga Binaan Perempuan. Tim PKM-M menyampaikan bahwa apresiasi dan antusias masyarakat dengan buku ini, sehingga buku tersebut sudah dalam proses cetakan kedua.

Buku ini berisi cerpen, puisi dan surat pribadi yang merupakan tulisan dari warga binaan perempuan rutan kelas 1 Makassar. Semoga dengan buku ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca sehingga hidup lebih berhati-hati dan bermanfaat sebaik-baiknya ditengah masyarakat. Hal terpenting dari kegiatan ini, para warga binaan perempuan dapat kembali optimis dan membangun harapan serta dengan buku ini mereka dapat berkontribusi positif dan dapat diterima kembali oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. (Penulis:Rahmat|Editor:Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close