Hukum & Kriminal

Bea Cukai Makassar Musnahkan Ribuan Barang Impor Ilegal

COMPAKSULAWESI.COM – Makassar — Bea Cukai Makassar mengadakan pemusnahan terhadap barang impor ilegal yang berasal dari kiriman pos dan bawaan penumpang dari luar negeri yang masuk melalui Kantor Pos Lalu Bea dan Bandara Nasional Sultan Hasanuddin, Kamis (22/8).

Barang ilegal tersebut diketahui tidak memenuhi ketentuan barang larangan pembatasan dan Surat Penetapan pembayaran bea masuk, cukai, dan pajak yang tak dilunasi.

“Ini barang dikirim dari pos dan terkena larangan pembatasan dan tidak diurus sama pemiliknya. Aturannya kalau dalam 60 hari tidak diurus, maka akan dijadikan barang milik negara. Masanya dari pertengahan tahun 2018 hingga pertengahan 2019,” ucap Rizaldi, Kasubsi Pendidikan saat menggelar jumpa pers.

Dari sisi nilai harga dan jumlah kerugian negara terhadap barang yang dimusnahkan memang tidak besar, namun lebih dari itu, kegiatan ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan fungsi bea cukai sebagai community protector yaitu melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal.

“Untuk dokumennya sendiri, itu tidak mendapatkan izin dari instansi yang melarang peredaran barang tersebut. Terkhusus untuk senjata yang disita, tentunya harus punya izin dari Kapolri,” imbuhnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga merupakan bukti sinergi yang baik yang dilakukan Bea Cukai Makassar dengan instansi Pemerintahan, dimana diharapkan menjadi tren positif ke masyarakat luas sesuai aturan perundang-undangan.

Adapun rincian barang milik negara yang dimusnahkan terdiri atas 84 Buku, 73 Sextoys, 13 Obat, 50 Bibit, 4 Kosmetik, 390 Suplemen, 9 Part Senjata, 4 Busur, 16 Anak Panah, 16 Penumbuh Rambut, 50 Kontak Lensa, 8 Smart Watch, 6 Pakaian, 1 Selang Tekanan Tinggi, 1 Headphone, 1 Drone, 6 Kopi Sachet, 4 Tas Plastik Berisi Baju, 1 Tas Plastik Berisi Aksesoris, 6 Dos Kosong, 33 Dos Berisi Pakaian, 160 Parfum.

Selain itu, ada 1.286 Dupa Batangan, 148 Dupa Kalengan, 186 Minyak Zaitun Kalengan, 1 HP, 86 Rani chol Cat Alis, 120 Henna Paste, 159 Busur Ikan, 779 Nur Skincare, dan 1 Pistol Revolver.

Pemusnahan ini diselenggarakan di lapangan KPPBC TMP B Makassar. Turut dihadiri pihak dari Kepolisian, TNI, PT. Pos Indonesia (Persero), dan Instansi Pemerintahan.

Penulis : Andhis|Editor : Darma

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close