Hukum & Kriminal

Hindari Pelanggaran Ini, Jika tak Mau Ditilang Saat Operasi Patuh 2019

COMPAKSULAWESI.COM- Makassar — Hindari pelanggaran ini, jka tak mau ditilang saat operasi patuh 2019 oleh Satuan Lalulintas Kepolisian Resort Kota Besar (Satlantas Polrestabes) Makassar,  akan melaksanakan Operasi Patuh 2019 mulai 29 Agustus hingga 11 September 2019.

Menurut Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Yusuf Usman, Operasi Patuh merupakan operasi  kepolisian yang akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari.

“Termasuk di wilayah hukum Polrestabes Makassar akan melaksanakan Operasi Patuh. Operasi Patuh ini akan
kita laksanakan selama 14 hari. Mulai 29 Agustus hingga 11 September, ” kata Yusuf, Jumat (23/8).

Yusuf menuturkan, adapun sasaran dari operasi tersebut yakni semua pengendara bermotor. Baik roda dua,
empat, delapan maupun 12 roda. Hal itu dilakukan untuk menekan jumlah angka kecelakaan, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Diakuinya, ada beberapa pelanggaran yang akan ditindak dan hindari pelanggaran itu. Seperti pelangaran  melawan arus, menggunakan handpone saat berkendara, mabuk saat berkendara, berboncengan tiga dan tidak  memakai safety bel.

“Termasuk juga kendaraan yang menggunakan strobo atau rotator dan bukan petugas yang berwenang  menggunakan hal tersebut, ” ucap Yusuf.

Yusuf menjelaskan, diluar item tersebut diatas, akan juga dilakukan penindakan kelengkapan kendaraan yang  tidak sesuai spesifikasi. Seperti menggunakan knalpot dan bagi kendaraan yang sudah tidak standar.

“Dalam operasi itu nantinya, akan dilakukan berupa penilangan. 20% berupa tindakan preentif, 20% tindakan preventif atau pencegahan dan 60% penegakan hukum atau refresif, ” jelasnya.

Kompol Yusuf menegaskan, dalam operasi tersebut berupa tindakan penilangan yang dikedepankan. Tuguran dan pencegahan itu hanya 20% saja dilakukan.

“Kami himbau, masyarakat tentunya perlu ada kesadaran dari semua pihak. Terutama bisa lebih patuh, bisa lebih  sabar dengan menghargai pengendara lain. Tentu dengan safety reading yang baik itu, akan berdampak pada  penurungan angka kecelakaan di jalan raya, ” tutupnya.

Penulis : Andhis|Editor: Darma

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close