Berita

Dosen Sosiologi UNM, Selenggarakan Pelatihan Olahan Ikan Laut Di Barru

COMPAKSULAWESI.COM — Barru – Dosen jurusan Sosiologi UNM Firdaus W.S. dan Ernawati melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan ikan pepes, ikan laut dan abon ikan laut di Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Selasa (17/09).

Dalam pelatihan pengolahan ikan tersebut, dosen bersangkutan mempraktekkan cara mengolah ikan pepes ikan laut dan abon ikan laut secara langsung dihadapkan para warga.

Firdaus, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelatihan pengolahan ikan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi ibu- ibu rt.dan remaja putri besarnya potensi hasil laut sehingga dapat menambah penghasilan ibu-ibu untuk membantu perekonomian keluarga.

“Kita disini datang untuk memberikan pemahaman kepada ibu-ibu bahwa ikan yang ditangkap di laut itu tidak usah langsung dijual ke pasar tetapi bagaimana agar ikan itu dalar diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan supaya ini berpeluang usaha juga, seperti ikan Pepes dan abon ikan” jelasnya

Lebih lanjut, ia pun berharap semoga melalui pelatihan pengolahan ikan tersebut masyarakat dapat menjadikan pengalaman ini sebagai peluang usaha dan sehingga nantinha desa Pancana dapat dikenal dengan olahan ikan lautnya.

“Semoga masyarakat bisa menerapkan resep yang sudah kita praktekkan disini. Dia jadikan sebagai peluang usaha, sebagai bentuk perkumpulannya kemudian dibuat olahan jadi nanti desa Pancana ini bisa dikenal dengan olahan ikan lautnya,” pungkasnya.(Ririn|Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close