Pendidikan

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNM Gelar Program Kemitraan Masyarakat

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR — Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar mengadakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat 2019 Dengan judul “Pelatihan Penerapan Standar Akuntansi Pada Kelompok UMKM di Kota Makassar ”

Kegiatan ini dilaksanakan ibu Hj. Masnawaty S, S.E., M.Si., Ph.D

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan benteng dalam perekonomian Indonesia. Khususnya keterkaitan antara perkembangan UMKM dengan perekonomian di Indonesia. Peningkatan tersebut tidak jauh dari peran faktor internal dari setiap UMKM. Faktor internal yang mempengaruhi adalah penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan adalah komponen vital untuk memperoleh informasi mengenai posisi keuangan UMKM dan hasil usaha yang dicapai oleh suatu UMKM yang dilaporkan setiap akhir periode sebagai laporan pertanggung jawaban Pada UMKM.

Dapat dilihat juga bahwa rendahnya penggunaan dan pemahaman terhadap Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Keterbatasan pengetahuan pembukuan akuntansi, rumitnya proses akuntansi, dan anggapan bahwa laporan keuangan bukanlah hal yang penting bagi UMKM.

Dilihat dari kejadian seperti diatas Dosen Program Studi Akuntansi Mengadakan Pelatihan Standar Akuntansi pada kelompok UMKM.
Harapnya “dengan adanya Pelatihan ini memberikan kemudahan pada UMKM dalam menyusun laporan keuangannya dan dalam menyelesaikan masalah internal pada UMKM

Menurut salah satu pemilik UMKM mengatakan bahwa pelatihan sangat menarik karena dapat membantu salam menyusun laporan keuangan pada UMKM. Harapnya semoga pelatihan mempunyai keberlanjutan yang konsisten agara para pemilik UMKM dapat memahami secara berkepanjangan. (Ririn|Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close