Berita

Target Partisipasi Memilih 2020, Harapan KPU Makassar Pilkada Bisa Lampaui Pilpres

COMPAKSULAWESI.COM — MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menargetkan, partisipasi pemilih pada Pemilihan kepala daerah serentak 23 September 2020, lebih tinggi atau hampir menyamai Pemilu Presiden 2019.

“Kami berharap partisipasi Pemilu, pemilih pada Pilkada 2020 itu mendekati angka Pilpres atau pun bisa lebih naik melebihi Pilpres 2019,” ujar Ketua KPU Makassar, Faridl Wajdi, Sabtu (9/11).

Berdasarkan data KPU, Pada Pilkada 2018 lalu dengan Pemilu 2019, ada peningkatan 50 persen pemilih gunakan hak pilihnya. Kendati demikian, kenaikannya hanya 15 persen, tapi secara akumulatif ada peningkatan 50 persen pada partisipasi pemilih 2019.

Pada Pilkada Makassar 2018 lalu, pemilih yang menggunakan hak pilihnya berkisar 500 ribu orang diantara 1 juta orang terdaftar. Hal ini mengalami peningkatan pada Pilpres 2019 sebanyak 700 ribu orang yang menggunakan hak pilihnya.

Farid menambahkan bahwa KPU butuh bantuan dari semua pemangku kepentingan agar sosialisasi tentang pemilu dapat menyadarkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kami berharap seperti itu, dan kami serius bekerja dan kami yakin ini kerja keroyokan, butuh support dari semua stakeholder (pemangku kepentingan) terutama teman media,” tandas Farid. (Rahmat|Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close