BeritaJakartaMakassarNasionalNews

Sulsel Terbaik Pengelola Program Inovasi Desa

compaksulawesi.com

Jakarta: 26 /11/2019

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan apresiasi kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Provinsi Terbaik Dalam Pengelolaan Program Inovasi Desa pada arena Rapat Koordinasi Nasional Program Inovasi Desa Tahun 2019 Pada tanggal 24/11/19 bertempat di Hotel Merlin Park.

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan Dr. H. Ashari Fakhsirie Radjamilo, M.Si yang diserahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan Muhajir, didampingi oleh Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abd. Halim Iskandar.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas upaya dan dukungannya selama ini terhadap setiap tahapan proses Program Inovasi Desa dengan sangat baik baik sehingga seluruh target dan capaian porogram terpenuhi.

Program Inovasi Desa (PID) adalah program pendukung kulitas penggunaan Dana Desa melalui pengembangan Inovasi Desa.

Kegiatan utama dalam program ini adalah pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa melalui khowledge sharing dan penyediaan peningkatan kapasitas teknis desa untuk membantu Desa dalam mengembangkan inovasi melalui kegiatan Dana Desa.

Salah satu kegiatan PID yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya disetiap Kabupaten adalah pelaksanaan Bursa Inovasi Desa sebagai sarana untuk mengeksposisi kegiata-kegiatan inovasi desa sekaligus menjadi tempat bagi Pemerintah Desa mengidentifikasi dan merencanakan replikasi inovasi yang akan dikembangkan di Desa melalui APBDesa.

Kinerja PID Provinsi Sulsel dapat tergambar dari nilai belanja kegiatan berbasis inovasi yang ditetapkan Pemerintah Desa melalui APBDesa dalam 3 tahun terkahir yang mencapai angka 172,35 Milyar dari total anggaran program inovasi desa yang dikelola utk pengembangan inovasi selama 3 tahun terkahir sebesar 37,45 Milyar atau mencapai 3 kali lipat.

Dalam kesempatan ini juga diberikan Penghargaan kepada Bupati Barru atas prestasinya membina Pengelola Embung Desa Terbaik I (satu) yang diraih oleh Desa Pacake Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close