Pendidikan

Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNM Selenggarakan Seminar Bertajuk Ekonomi Digital

COMPAKSULAWESI.COM — Makassar- Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Seminar Ekonomi dengan tema “Peningkatan daya saing UMKM berbasis ekonomi kreatif melalui ekonomi digital di era 4.0” di Ballroom pinisi B lt.2 Rabu (27/11)

Seminar yang dipandu oleh Asmar S.Pd, M.Pd menghadirkan narasumber Prof. Dr. Gagaring Pagalung SE., MS., Ak., CA., CMA., CSRA ( Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia Wilayah Sulawesi selatan ), H. Abdul Malik Faisal, S. H., M, Adm, Pemb (Kepala Dinas Koperasi & UMKM Sulawesi Selatan), dan Andi Sulfahmi (Creativeprrleneur, CEO Achord Entertainment).

Ketua IAI dalam materinya mengatakan Akuntan mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kualitas dan pemberdayaan UMKM dan siap memberikan kontribusi optimal untuk mewujudkan prosperous society.

Selain itu itu Kepala Dinas Koperasi juga mengungkapkan seminar ini sangat cocok untuk mahasiswa ikuti sebagai upaya untuk mengubah pemikiran mahasiswa yang awalnya setelah lulus luliah ingin menjadi pekerja merubah mindset menjadi orang yang membuka lapangan kerja atau Enterpreneur.

Selanjutnya ditambahkan oleh Sulfahmi selaku pelaku UMKM bahwa bisnis utama di era 4,0 adalah bisnis waktu siapa cepat dan berinovasi dialah pemenang. Enterpreneur itu mengubah masalah menjadi peluang, dan di era 4,0 Internet adalah kebebasan memilih mau jadi content creator atau komentator dan memilih untuk berkarya adalah pilihan terbaik sebagai anak milenials.

Seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan trend pembahasan yang sedang hangat- hangatnya diperbincangkan sejalan yang diungkapkan oleh ketua panitia, Ahmad Fathul Mukmin, alasan diadakannya seminar ini karena UMKM di Indonesia merupakan penunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia jadi dengan seminar ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang UMKM di era 4.0. Ditambahkan juga Harapannya, mahasiswa dapat mengembangkan jiwa wirausahanya, dan lebih termotivasi lagi untuk berwirausaha.

Target yang diharapkan sudah tercapai karena dilihat dari peserta seminar yang datang dari berbagai kalangan dan berbagai universitas.

Dosen Pengampuh mata kuliah pelaksanaan seminar Akuntansi ini, Sahade dalam wawancaranya, harapan dengan terlaksananya seminar ini agar mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola acara dan kegiatan dengan menghadirkan peserta dari berbagai kalangan bukan hanya dari lingkungan UNM saja. memperluas wawasan dalam ilmu pengetahuan di era 4.0 serta mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dalam bersosialisasi, berkolaborasi dan mendewasakan diri.

Wawancara salah seorang peserta atas nama Riswandi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Makassar,
“Tanggapannya, seminar ini memiliki tema yang menarik, materi yang dibawakan dapat merubah pola pikir bagaimana kita harus mengahadapi ekonomi berbasis digital diera 4.0, serta para pemateri yang sangat inspiratif.”

Ctizen Jurnalis : Ririn

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close