Berita

Bawaslu Selenggarakan Sosialisasi Demi Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pengawasan Pemilu

COMPAKSULAWESI.COM — MAKASSAR — Bawaslu Sosialisasi Tatap Muka Kepada Kelompok Masyarakat Rentan di Ball Room Same Resort Bira Kabupaten Bulukumba, Kamis (19/12).

Meningkatkan partisipasi masyarakat adalah tujuan dari sosialisi Bawaslu. Masyarakat berpartisipasi dalam pengawasan pemilu adalah hal yang sangat penting. Sehingga sosialisasi ini dianggap perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat rentan.

Pada kegiatan sosialisai ini yang menjadi peserta adalah beberapa perwakilan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, penyandang disabilitas dan beberapa elemen masyarakat yang akan menjadi peserta pemilu di kabupaten Bulukumba.

Anggota Bawaslu RI Andi Dewi Petta Lolo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa menentukan pilihan tanpa interfensi siapapun adalah yang sebenar-benarnya hak pilih.

” Bangun jiwa yang diwarnai dalam leluhur bangsa” Tuturnya

Dalam sosialisasi ini diharapkan juga mampu menjadi gerakan sosial yang akan menjadi gerakan moral kedepannya. Karena kualitas pemilu sangat berkaitan erat dengan budaya-budaya masyarakat. Terlebih, partisipasi rakyat menentukan kualitas pemilu.

“Politik uang menjadi kehormatan dalam  masyarakat. Jika sanksi sosial ditegakkan maka tidak akan ada politik uang. Politik uang harus dilawan oleh gerakan-gerakan masyarakat”, Pungkasnya.

Dalam UU pemilu selalu ada norma larangan, sehingga kepentingan daulat rakyat terpenuhi. Penegakan hukum juga sebagai kekuatan masyarakat dalam mendorong untuk memberantas politik uang.

“Penyebaran informasi melalui media sosial adalah tugas para pemilih pemula. Bagi
kelompok disabilitas perlu diterjemahkan mengenai tujuan dari pemilu ataupun memberikan regulasi.” Tutup anggota bawaslu RI itu sebelum membuka kegiatan Sosialisasi Bawaslu. (Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close