Pemkot Makassar

Pemkot Lakukan Sejumlah Persiapan Hadapi Banjir di Makassar

Compaksulawesi – Makassar :

Pemerintah Kota Makassar tengah melakukan sejumlah persiapan menghadapi banjir. Hal itu melihat intensitas hujan beberapa hari terakhir yang semakin meningkat.

“Hari Rabu pagi akan dilakukan apel siaga bencana bertempat di Karebosi. Jadi ini akan melibatkan Forkompinda provinsi dan kota,” kata Sekertaris Daerah Kota Makassar Muh Ansar di Balai Kota Makassar, Selasa, 7 Januari 2020.

Ansar menjelaskan bahwa pihaknya sudah merinci segala persiapan penanganan banjir, seperti menetukan posko kota dan kecamatan.

“Jadi yang akan bertanggung jawab di situ mereka yang berada di posko. Dari TNI-Polri, TNI AU dan AL, dari Brimob juga sudah koordinasi,” ujar Ansar.

Dia menilai intensitas hujan saat ini telah menyebabkan genangan di berbagai tempat. Namun bila ada banjir, ia memprediksi hanya terjadi di bantaran sungai yang ada arusnya.

Hari ini, kata dia, pihaknya bakal menuntaskan pembagian tanggung jawab ihwal penanganan bencana.

“Siapa dan mengerjakan apa, agar di lapangan nanti tidak numpuk. Misalnya satu lokasi semua ke situ, tidak perlu. Itu supaya efektif dan efisien,” ungkapnya.

Menanggapi imbauan BMKG yang menyerukan mengamankan barang berharga, Ansar menyebut pada musim hujan ada hal yang bisa terjadi.

“Kalau bukan air laut pasang, maka hujan di darat. Kalau bersamaan puncak, itu masalah,” kata dia.

Beberapa hari ke depan, Ansar mengatakan pada tanggal 7 Januari bakal menjadi puncak maksimum air laut 1,2 meter.

“Nanti kita itu juga harus hati-hati pada 10, 11, 12 Januari itu karena air laut 1,4 meter. Mudah-mudahan walaupun ini naik tapi tidak hujan di darat,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close