Pemkot Makassar

Pemkot Siaga Air Pasang Bulan Purnama Saat Cuaca Ekstrim

Compaksulawesi : Cuaca ekstrim dirilis BMKG akan terjadi 9-12 Januari 2012. Hal ini menjadi antisipasi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang terus memantau cuaca dan fenomena alam. Salah satu antisipasinya yaitu full moon atau bulan purnama.

“Tanggal 10 Januari itu 95% itu bulan, tanggal 11 itu 100%, full moon. Dalam kondisi apapun, kondisi air pasti pasang,” ucap Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Balaikota, Kamis (9/1/2020).

Iqbal melanjutkan bahwa bulan purnama cukup berpengaruh terhadap terhadap volume air saat intensitas hujan tinggi.

“Kalau full moon, air laut akan pasang, sebagian air masuk ke kanal. Kalau pada saat itu curah hujan tidak tinggi, tidak ada persoalan. Kalau curah tinggi, air masuk ke kanal, mau dialirkan ke laut. Kalau tidak full moon, tidak pasang, dari kanal itu akan masuk ke laut. Pada saat pasang dan curah hujan cukup tinggi, di situ pasti air meluap keluar kanal, ke luar sungai,” jelasnya.

Iqbal juga mengantisipasi cuaca yang terus dipantau untuk siaga bencana. Pihaknya memprediksi curah hujan tinggi masih akan terjadi hingga tanggal 15 Januari. Staf Ahli Pemprov Sulsel ini juga menghimbau masyarakat turut siap siaga.

“Saat curah hujan tinggi sekali dan pasang juga saat full moon, karena puncaknya full moon juga. Dan masyarakat juga diharap, disimpan baik-baik barang berharga, minimal dokumen-dokumen,” pungkasnya.(Riz)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close