Pemkot Makassar

Modernisasi RPH Tamangapa, Rahman Bando: Pertama di Indonesia

Compaksulawesi – Makassar : Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa Dirancang terintegrasi. Konsep ini diklaim pertama di Indonesia.

Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Makassar, Rahman Bando, mengatakan, sesuai rancangan awal, RPH Tamangapa akan disulap modern dengan fasilitas terlengkap. Selain RPH, ada juga fasilitas pengolahan limbah (IPAL), insinerator, puskesmas hewan dan sebagainya.

“Ini konsep pertama di Indonesia. Tidak ada tempat lain. Kita kolaborasi, Pemkot menyiapkan lahan senilai Rp6 miliar lebih, Pemprov Rp10 miliar dan pusat (APBN) dalam hal ini Kementan,” ungkapnya.

Bahkan kata dia, di RPH terintegrasi ini nanti dirancang ada pasar ternak. Termasuk di dalamnya untuk unggas bahkan termasuk pasar hobi. Sehingga semua usaha ternak akan direlokasi ke Tamangapa.

“Rencananya, impian kita kedepan tak ada lagi usaha ternak dalam kota. Baik hewan potong, hewan peliharaan, ikan hias semuanya satu lokasi. Jadi kota juga lebih tertata dan bersih,” bebernya.

Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Abdul Azis menambahkan modernisasi RPH Tamangapa diharapkan dapat terealisasi tahun ini. Sehingga, RPH itu benar-benar representatif untuk dioperasikan. Modernisasi dilakukan terutama untuk meningkatkan kualitas daging hasil pemotongan.

“Diharapkan tempat pemotongan akan steril dan lebih higienis lantaran tidak bercampur dengan kotoran atau isi perut sapi. Selain itu, setelah dimodernisasi, kapasitas potong ternak bisa ditingkatkan,” bebernya.(Riz)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close