NewsREDAKSI

KPK dan LMP Kuatkan Kerjasama Pencegahan Korupsi

Compaksulawesi.com

Jakarta – Jumaat (28/2/2020) Di Gedung Merah Putih Jakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi menerima kedatangan perwakilan Organisasi Masyarakat Indonesia dari Laskar Merah Putih, sebutan ormas LMP.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum LMP di dampingi Ketua Mada Sulsel beserta jajaran, rapat tertutup di ruangan Kedeputyan Pencegahan Korupsi, Direktorat Dikyanmas KPK. membahas secara detail isi dan revisi dokumen kerjasama sebelum meningkatkan ikatan memorandum of under standing/MoU.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan bahwa fungsi pencegahan KPK dapat diperkuat jika bekerjasama dengan seluruh perwakilan ormas Laskar Merah Putih yang tersebar di 34 provinsi. Kerjasama itu tentu akan membuat pencegahan korupsi semakin efektif.

“Tugas pencegahan, kalau LMP di daerah bisa diberdayakan dan bekerjasama dengan Korsupgah (Kordinasi dan Supervisi Pencegahan), tentu bisa efektif,” terang Firli.

Kemudian, arahan KPK terkait kerjasama dengan jaringan LMP yang berada di daerah, Ketua Markas Daerah LMP Sulsel, Taufik Hidayat optimis agar kerjasama tersebut bisa diperkuat. Ia bahkan berharap mengundang pimpinan KPK dan Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan dalam waktu dekat berencana akan selenggarakan seminar kebangsaan mengangkat tema peran dan fungsi ormas mengisi kekosongan berlangsungnya program pencegahan korupsi antara Pemerintah dengan Lembaga Negara. Lokasi seminar entah di Kota Makassar maupun Jakarta masih pembahasan tim event organizzer.

Ketua Umum LMP, H. Adek Erfil Manurung menyampaikan bahwa dirinya akan segera memberikan instruksi ke markas LMP seluruh tingkatan Kota, Kabupaten sampai Provinsi demi memperkuat kerjasama dengan KPK baik dari sisi pencegahan, pelatihan, penyuluhan, sampai pengawasan.

“Jauh hari sebelumnya kami sudah persiapkan SDM sesuai kompetensinya para pemuda pemudi LMP se Indonesia menyongsong bidang pencegahan korupsi di KPK ” tambah Adek Erfil Manurung di Kantor Pusat Mabes LMP jl. Raya Jatinegara Jakarta Timur.

Respon Ketua Dewan Pembina LMP Sulsel, Syarifuddin Dg Punna menegaskan,“Nanti akan diambil dari masing-masing markas daerah provinsi untuk memastikan semua SDM, prosedur, program dapat berjalan lancar. Ini salah satu langkah kongkret melaksanakan program pencegahan korupsi.” di hubungi wartawan melalui saluran telepon.

Pada akhir pertemuan, Dikyanmas KPK, Rofi menyampaikan bahwa tahun ini KPK akan melakukan penguatan di sektor pelatihan, bimbingan teknis, serta sertifikasi melalui Badan Standar Nasional Pendidikan di 34 Provinsi di Indonesia. “KPK berharap Ormas LMP segera menyiapkan SDM dan kualifikasi”, tutup Rofi

Penulis : RY / Editor : Muh.Rizki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close