Berita

Suara Awam Untuk Pelosok Desa

COMPAKSULAWESI.COM — OPINI — Sebagai calon pemimpin hendaklah memiliki ide ataupun gagasan yang cemerlang demi kepentingan publik bukan kepentingan pribadi semata. Detik-detik ini mari kita menyaksikan dan berpartisipasi kelansungan pesta demokrasi dalam hal ini pemilihan kepala desa diberbagai kecamatan di Butta Panrita lopi (Bulukumba).

Saat ini ada salah satu desa terpencil diperbatasan Bulukumba timur dengan Sinjai ikut serta dalam Pilkades 5 Maret 2020 mendatang, yaitu desa Batunilamung yang mungkin saja jauh dari lirikan pemerintah pusat karena beberapa sarana dan prasarana yang kurang memadai bahkan tak layak pakai.

Pelosok desa tersebut saat ini mulai gencar dan bingung memaknai suatu realita, mana yang nyata dan mana isu manipulatif. Bahkan heboh menyaksikan narasi dengan berbagai bahasa persuasif, rangkaian kata konteks tingkat tinggi, suguhan lontaran kalimat yang berbunga-bunga untuk tawaran berbagai program dan jaminan sosial untuk masa yang akan datang, ‘katanya’ semoga bukan kepalsuan belaka.

Untuk itu sebagai masyarakat awam hendaklah mengidentifikasi gagasan yang dipertontongkan diberbagai penjuru, mari memilh narasi yang indah dan bermanfaat dan hindari narasi yang tak lain hanyalah subtansi nol ditenga-tenngah sumbangan bahasa yang penuh kegaduhan, terlepas benar atau rekayasa itulah dinamika yang terjadi di pelosok desa tersebut saat ini.

Dalam pemilihan cakades Batunilamung kec. Kajang kab. Bulukumba yang memiliki dua kandidat cakades, yakni Mansyur S.E dan Abd.Rauf S.E. Keduanya adalah salah satu toko dan putra terbaik yang dimiliki desa tersebut, keduanya masing- masing telah menjabat sebagai kepala desa Batunilamung dengan gaya kepemimpinan yang berbeda tetapi tujuan yang sama , pada era kepempinan sebelumnya saya kira beliau berdua sudah berpengalaman baik problematika ataupun kelancaran melaksanakan program, selebihnya tinggal bagaimana lebih maju, produktif, inovatif, kreatif dan lebih enerjik. Untuk itu perlu komitmen dan kerja keras sebagai seorang pemimpin.

Sebagi kandidat pastilah mempunyai visi dan misi. Visi dan misi tersebut bukan sekedar lontaran kalimat yang dikumandangkan diil hadapan masyarakat setempat tetapi mampu merealisasikan dengan baik dan penuh manfaat pada masyarakat.

Sebagai masyarakat, tentunya memiliki hak suara dalam kelangsungan demokrasi, untuk itu mari tanggap mengenal sedalam mungkin dan menganalisah sebaik mungkin visi dan misi para kandidat, jangan tergiur dengan janji manis ataupun sumbansi materi yang tak dapat merubah keterpurukan sosial.

Rakyat menaruh harapan untuk kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran kepada cakades yang terpilih nantinya, Semoga dapat mewujudkan nilai-nilai pancasila kepada masyarakat sebagaimana keberadaan konstitusi negara sebagai hukum dasar yang memiliki kedaulatan tertinggi. Semoga dapat menerapkan konstitusi itu secara demokratis, dan tidak kaku dalam mengemban amanah yang akan di genggam nantinya,

Sebagai masyarakat awam, tentunya mengharapkan penerapan prinsip efisiensi agar pelayanan umum benar-benar berjalan secara efektif, dan efisien, baik secara materi atau pun prasarana yang dibutuhkan masyarakat.

Kami percaya dengan kemapanan dan keprofesionalan dengan calon kepala desa yang sala satunya akan terpilih nantinya sebagai kepala desa Batunilamung , untuk itu besar harapan kami agar mampu merealisasikan aspirasi rakyat dan memprioritaskan program pro rakyat serta mampu menjalankan amanah dengan sebaik mungkin untuk kepentingan umum dan terhindar dari kolusi ataupun nepotisme.

Penulis : Hardin,SH

29 Februari 2020

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close