Opini

“Mercusuar Bialo Dua Periode Pantas Dikenang dalam Sejarah”

(catatan kecil, sebagai ucapan trimakasih untuk seorang pemimpin)

Penulis : Maheerah

OPINI — Peradaban seketika berubah, nama desa di agungkan dimana2. Puluhan tawaran kerjasama dari luar bahkan tak tanggung-tanggung kementrian sampai organisasi Luar negeri pun turut menawarkan diri untuk saling bekerja sama. Tidak lain karena ide dan gagasan orang cerdas, pemimpin yg inklusif dan akademis seperti tomatoa malebbi’kku ayahanda Agusriadi Maula.

Teringat mengikuti diskusi pendidikan di salah satu Hotel di Makassar pada saat memperingati Hari Anak Nasinonal sedikit dengan gugup kuperkenalkan nama desaku “Bialo” di depan ratusan pemuda bahkan petinggi-petinggi KERLIP (Keluarga Peduli Pendidikan) yang berpusat di Bandung. Kuceritakan dengan bangga capaian-capaian yang telah diraih, decak kagum dan gemuruh tepuk tangan mengisi seluruh isi ruangan. Saat itu serasa 50.000 orang yang sedang mendukung dan mendoakan keberlangsungan desa Bialo.
Lagi-lagi karena buah pemikiran beliau.

Agusriadi Maula (Mantan Kepala Desa Bialo

Gagasan-gagasan yang luar biasa selalu mencuri perhatian desa tetangga bahkan kabupaten tetangga ketika mendengar ide dan nama seorang bapak Agusriadi Maula., tidak tanggung-tanggung ketika mengadakan sebuah trobosan baru yang hampir mengguncangkan seluruh Bulukumba dan selalu berakhir dengan jempolan dan penghargaan.

Terbayang segala rentetan program kerja yang telah diukir dalam sejarah:

  1. Terciptanya forum anak desa sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan ide kreatif anak-anak desa dari berbagai bidang. Yang tak luput dari prestasi yang diukir dan penghargaan yang diraih bukan isapan jempol belaka.
  2. Sekolah Alam anak sebagai wadah belajar anak-anak desa Bialo dengan nuansa alam yang asri dan tradisional namun tak lepas dari peradaban milenial.
  3. Sekolah kepemimpinan perempuan, sebagai wadah para srikandi desa Bialo mengeluarkan aspirasi serta unjuk diri dalam berbagai Skill (kemampuan dan kecakapan).
  4. Gerak pemuda desa Bialo, sebagai wadah pemuda untuk berkreasi dan berekspresi.
  5. RUBIK (Rumah Baca Kita) sebagai wadah untuk melihat dunia melalui jendela kecil yang kerap di sebut “BUKU”
  6. Taman Kuliner yang dinaungi BUMDES sebagai pusat perputaran ekonomi masyarakat desa Bialo.
  7. Sebagai desa pertama percontohan Desa Layak Anak.
  8. Program kartu anak yaitu kartu Pencegahan Perkawinan Anak

Dan keberhasilan-keberhasilan serta penghargaan-penghargaan baik disektor agama, ekonomi, kesehatan dan lainnya yang tidak sempat dimuat dalam tulisan ini.

Teringat teman yg selalu bilang “saya iri dengan desata, saya mau punya pemimpin kayak beliau”. Dengan bangga saya katakan, sorry cess tidak ada samanya, apalgi duplikatnya”.

Hanya satu yang bisa mewakili “no words, can explain about him” (tak ada kata yang bisa menjelaskan bagaimana seorang bapak aAgusriadi Maula).

Mewakili masyarakat desa Bialo, kami sangat berterima kasih atas dedikasi selama dua periode ini. Tetap berjaya pak, jabatan bukan lagi tentang pemimpin desa, tetapi tentang bagaimana bapak meneruskan cita-cita muliata yang pernah terlontar saat diskusi. Allah tahu setiap inci dari niat’ta. Allah melihat dari setiap tetes peluh keringat’ta, dan Allah saksikan bagaimana perjuanganta.

(Terimakasih juga untuk warga yang masih mempercayakan beliau, saya percaya bahwa kitapun semua menyaksikan dan merasakan manfaat dari perubahan itu), kita bangga punya beliau yang sempat menyerahkan segalah peluhnya untuk desa Bialo.

Ada hikmah dibalik semua ini, bukankah ketentuan Allah adalah hal yang terbaik dan mutlak adanya.

Kami juga turut mengapresiasi jalannya pesta demokrasi yang damai dan bersahabat ini, tak ada sedikitpun kericuhan yang terjadi. Semoga dengan ini tercipta desa Bialo yang damai dan bersinergi.

Dengan berakhirnya pemilihan ini, harapan kami segenap masyarakat desa Bialo, dengan terpilihnya pemimpin yang baru, semoga dapat mempererat persaudaraan dan memupuk rasa cinta kita terhadap desa Bialo.

Selebihnya, teruntuk pemimpin baru yang akan menahkodai desa Bialo semoga amanah dan bisa meneruskan cita-cita masyarakat demi desa Bialo yang maju, seperti visi misi saat orasi. Selamat atas amanah baru yang di emban selama satu priode, ini akan menjadi PR bersama demi kemajuan Desa Bialo kita yang tercinta. Mari bersama-sama berusaha bagaimana agar desa kita dapat menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain yang unggul dengan segala kearifan lokalnya.
Salamakki to pada salamak
Salam cinta dan damai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close