Pemkot Makassar

Pemkot Makassar Bakal Gelar Rapid Test di Pasar Tradisional

Compaksulawesi – Makassar : Melihat tingginya aktivitas warga di pasar membuat Pemerintah Kota Makassar berencana melakukan rapid test di beberapa pasar tradisional.

Pj Wali kota Makassar Makassar, menyebut pasar berpotensi menjadi episentrum penyebaran Covid-19 mengingat banyaknya masyarakat yang mengabaikan protokol disaster saat berada di pasar.

Selain itu kata dia, banyak pedagang yang masih menggelar dagangannya dan masyarakat yang tetap ke pasar meski melewati jam operasional telah dibatasi hingga pukul 12.00 Wita.

“Kita tidak mau pasar yang menjadi penyebaran. Kami akan adakan rapid test,” kata Iqbal, saat ditemui di Posko Induk Covid 19 Kota Makassar, Kamis (7/5/2020).

Terkait pasar mana saja yang akan dilakukan Rapid Test, dirinya memberikan wewenang kepada PD Pasar Makassar Raya untuk menentukan.

“Tergantung rekomendasi PD Pasar yang mana paling prioritas,” sambungnya

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, mengatakan, rapid test ini untuk memastikan bahwa penjual tidak terjangkit Covid-19 dan tidak menular kepada pembeli.

“Apa yang kita fokus adalah daerah-daerah episentrum penularan. Yang kedua adalah kita akan menyisir pasar-pasar terutama penjual, ojol dan sebagainya,” kata Nurdin Abdullah di Hotel Swiss Bell, Rabu (6/5/2020).

Olehnya itu, Gubernur Sulsel meminta kepada Dinas Kesehatan Sulsel melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Makassar dan Gowa, agar turun bersama melakukan rapid test.

“Makanya saya minta Kadis Kesehatan berkoordinasi dengan Dinas kesehatan Makassar dan Gowa supaya kita serentak turun bersama-sama,” jelasnya.

“Inikan dalam rangka memutus rantai penularan, tentu kita harus lebih massif lagi mencari orang-orang yang menyebarkan virus itu termasuk ODP OTG,” tutupnya.

Editor : Muh.Rizki

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close