BeritaLawan Covid-19

PARAH..!! 46 Pedagang Pasar Rapid Test 6 Positif Corona, Hari Ini 7000an Pedagang Pasar Tes di Makassar

compaksulawesi – Makassar : Kabar buruk! 46 pedagang pasar Rapid Test 6 Positif Corona, Hari Ini 7000an penjual di pasar Makassar Tes Covid-19

Ribuan pedagang pasar di Makassar akan Rapid Test mulai Selasa (12/5/2020) hari ini.

Rapid Test Corona dilakukan bertahap untuk mengidentifikasi dini Virus Corona.

Biaya Rapid Test Covid-19 ditanggung Pemerintah Kota Makassar.

Hasil Rapid Test – Warga melakukan rapid test massal di Puskesmas Andi Makkasau, Jl Andi Makkasau Lorong 5A No.19, Kelurahan Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Kamis (23/4/2020). Mulai Selasa (12/5/2020) Hari Ini, ada Rapid Test massal di pasar-pasar tradisional Makassar.

Makassar menjadi episentrum atau pusat penyebaran Corona di Sulsel. Daerah ini zona merah. Warga Makassar yang menyeberang ke lintas kabupaten/kota, langsung dikarantina 14 hari.

Pemerintah Kota Makassar gelar Rapid Test Corona secara massal selama 4 hari, terhitung 12-15 Mei 2020.

Ada tiga obyek yang disasar Pemkot Makassar masing-masing Pedagang pasar tradisional, Juru parkir (Jukir), dan Ojek Online.

“Pedagang pasar, ojol, dan jukir dijadikan sebagai target screening dikarenakan bekerja di tempat umum, sehingga potensi terpapar lebih besar. Dengan adanya RDT Massal ini diharapkan mampu mendeteksi lebih dini penyebaran virus Corona,” ujar Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, Senin (11/5/2020).

Data sementara, jumlah pedagang yang akan di rapid sebanyak 6.943, serta 100 kolektor pasar.

Jukir 2.068 orang, dan Ojol 10.000 orang.

Menurut Iqbal, merek yang akan di rapid ini akan melibatkan aparat Puskesmas di 47 Puskesmas se kota Makassar, dan melibatkan lintas sektor terkait.

“Untuk rapid test di Makassar, kita mendapat bantuan dari Pemprov sebanyak 20.000 rapid test,” lanjutnya.

Untuk pasar tradisional, akan dilakukan dalam beberapa tahapan di bawah koordinasi PD Pasar.

Adapun jadwal kegiatan untuk rapid di pasar tradisional, tanggal 12 Mei meliputi pasar sambung jawa, pasar parang tambung, pasar pabaeng-baeng, pasar pabaeng-baeng timur.

Tanggal 13 Mei digelar di Pasar Makassar mall, pasar Kalimbu dan kerung-kerung, pasar mamajang dan maricaya, serta pasar kampung baru

Tanggal 14 Mei, akan disasar pedagang yang berjualan di pasar terong, pasar panampu, pasar cendrawasih, serta pasar Panakukang.

Tanggal 15 Meki, digelar di pasar butung, pasar sawah, pasar mandai, serta pasar niaga daya.

Sedang untuk Jukir akan digelar di pada tanggal 14-16 Mei di 14 Puskesmas, bekerja sama dengan PD Parkir. Jukir cukup membawa identitas dan surat panggilan yang telah dikeluarkan oleh PD Parkir dan ditunjukkan kepada petugas medis di Puskesmas.

Demikian pula bagi pengemudi Ojek Online akan digelar pada tanggal 16-19 Mei, bekerja sama dengan Gojek. Pemeriksaan digelar di 47 Puskesmas se kota Makassar, dengan menunjukkan identitas serta menunjukkan surat pengantar melalui aplikasi gojek.

“Berharap melalui RDT Massal ini, dapat banyak membantu upaya percepatan pemutusan rantai Covid19,” Iqbal menambahkan.

46 Pedagang Rapid Test, 6 Positif Corona

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, melakukan rapid test terhadap puluhan pedagang di Pasar Lakessi, Senin (11/5/2020).

Rapid test tersebut berlangsung di Pasar Lakessi, Jl Lasinrang Kelurahan Lakessi, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Para pedagang di Pasar Lakessi di rapid tes karena, adanya satu kasus positif Covid-19 yang merupakan dari salah satu pedagang yang menjual nasi campur di pasar tersebut.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, Taufan Pawe menyebutkan, rapid tes diadakan secara acak kepada 46 pedagang.

Terdapat enam di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

“Keenam orang yang terdeteksi positif rapid test tersebut, yaitu satu orang penjual ikan, penjual sayur, penjual es buah, penggiling daging, tukang ojek, dan mertua si tukang ojek,” kata Taufan.

Meski positif saat rapid test, tidak berarti keenam pedagang ini benar-benar positif Covid-19. Banyak kasus, dinyatakan reaktif atau positif saat Rapid Test namun negatif saat uji sampel air liur dan swab.

“Enam orang ini akan kita lakukan upaya lanjutan, seperti skrining, dan akan kita lakukan city scan untuk memastikan kondisi paru-parunya,” ujarnya.

“Jika ada ciri khas atau yang mencurigakan, kita akan tetapkan sebagai PDP,” ungkapnya.

Setelah rapid test di Pasar Lakessi selesai, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menyasar semua pasar rakyat di Parepare.

Seperti di Pasar Senggol, Sumpang, dan Labukkang.

“Kita juga akan menyasar semua pasar, karena kita ketahui pasar itu adalah tempat berinteraksi orang banyak, antara pembeli dan penjual,” tandas Taufan.

Jika merasa butuh bantuan dari tim penanganan covid-19, Anda bisa menghubungi:

Call Center Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, di 0821-5402-1119, 0852-9935-4451, 0812-4424-4473.

Ataupun menghubungi pihak penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Parepare, di 0813 5624 0321, 0823 9323 2905, 0821 8783 4626..

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close