Bulukumba

Pertama di Bulukumba, Bonto Raja Luncurkan Aplikasi Tangani Covid-19

Compaksulawesi.com — Bulukumba — mewabahnya Covid-19 atau virus corona, menginisiasi salah satu desa yang berada di kabupaten Bulukumba, yaitu desa Bonto Raja kec. Gantarang. Sebuah aplikasi untuk memudahkan pendataan dalam penyajian informasi mengenai upaya desa dalam pencegahan covid-19 beserta dampaknya.

Camat Gantarang Andi Uke Indah Permatasari S.Stp, M.Si Memberikan Apresiasi kepada pemerintah desa Bonto Raja. Selasa, 12 Mei 2020.

“Atas nama pemerintah kecamatan, memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Bontoraja. Tentu dengan adanya aplikasi ini akan membantu pemerintah dalam memutus mata rantai covid-19”, kata camat Gantarang Andi Uke.

Aplikasi ini adalah hasil kerjasama antara desa Bontoraja dan Balang Istitute sebagai support sistem dalam penyajian data dan informasi yang terkait upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Direktur Balang Institute Adam Kurniawan memberikan penjelasan mengenai aplikasi kepada seluruh peserta. Menurutnya, aplikasi tersebut memberi kemudahan kepada pemerintah desa. kemudahan yang dimaksud: mudah dalam pencatatan, mudah diakses, dan dan terinformasi secara cepat kepada pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah desa, puskesmas, pemerintah kecamtan, hingga gugus tugas di level kabupaten.

“Aplikasi ini dirintis pada pertengahan bulan Februari 2020 oleh Balang Institute. Hasil kajian kami, dalam menghadapi pendemi covid-19 yang terpenting diperhatikan adalah pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan dengan pencatatan yang detail, dapat diinformasikan secara cepat dan tepat , dan pembatasan interaksi dalam beraktivitas”. Ungkap Idrus kepala Desa Bonto Raja.

Sekedar informasi, aplikasi ini fokus pada penyediaan data berupa informasi detail yang mudah dan cepat. Cepat dalam hal pendataan, dan cepat tersampaikan kepada pihak yang berkepentingan: seperti pemerintah desa, kepala puskesmas, pemerintah kecematan, dan gugus tugas di level kabupaten.

” setelah dilakukan pendataan, informasi perkembangan covid-19 suatu wilayah dapat diakses dan pantau kapan dan dimana saja kata IDRUS kepala Desa Bontoraja”, pungkas Idrus. (Darma)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close