Bulukumba

Aliansi Pemuda Bulukumba Peduli, Salurkan Donasi Untuk Korban Banjir Bandang Luwu Utara

Compaksulawesi.com — Bencana yang menimpa salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan menjadikan banyak masyarakat yang begitu antusias untuk memberikan donasi. Salah satunya Aliasi Pemuda Bulukumba (APB) yang merupakan perkumpulan para pemuda Bulukumba yang juga ikut salurkan donasi ke warga yang terdampak banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, (26/07).

Donasi yang disalurkan merupakan hasil galang dana  Aliansi Pemuda Bulukumba dengan melibatkan puluhan relawan turun ke jalan untuk melakukan open donasi dibeberapa titik selama sepekan. Selain dari itu beberapa group donatur seperti Ikatan Duta Wisata Indonesia DPC Bulukumba, Mahasiswa Stikes Panrita Husada, Karang Taruna dan beberapa group donatur lainnya mempercayakan kepada APB untuk proses penyaluran donasi di Luwu Utara.

Sekedar diketahui bahwa proses penyaluran donasi saat di lokasi bencana  juga dibagi dalam beberapa Tim yang terbentuk. Hal ini dilakukan agar penyaluran dapat merata.

Untuk tim pertama ke Desa Limbong Wara. Kec.Malangke Barat Kab.Luwu Utara. Tim kedua bergerak ke Desa Meli Kec.Baebunta Kab.Luwu Utara. Kemudian Tim ke tiga Ikut serta dalam kegiatan Trauma Healing anak pengungsi di Kampal kel.kappuna kec.masamba.

Ulfa salah satu relawan APB yang tergabung d tim pertama menyampaikan, Desa Limbong Wara merupakan kategori desa terpencil, dimana untuk menujunya, harus melewati banyak desa dengan medan yang cukup menyulitkan. Dari Masamba ke kota Kecamatan Malangke Barat, kita mesti melewati Desa Polejiwa, Desa Kalitata, Desa Cening dan Desa Wara.

Ia juga menambahkan, terdapat 2 jalur akses yang bisa digunakan menuju Desa Limbong Wara yaitu lewat darat dan melalui jalur sungai/air. Apabila memilih jalur air, bisa melalui Desa Wara dan Dusun Layar Putih melalui Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwuk. Waktu tempuh yang diperlukan (pada musim kemarau) untuk menuju Desa Limbong Wara dari posko (Desa Baku-Baku), sekitar 1 jam lebih. Namun, apabila musim hujan datang, diperlukan waktu 2-3 jam dari posko. Untuk yang menggunakan jalur air, waktu tempuh berkisar 1,5 jam dari Desa Wara dan 1 jam dari Kecamatan Lamasi.

Tim kedua penyaluran di Desa Meli Kec.Baebunta Kab.Luwu Utara, menurut informasi dari tim tersebut masih membutuhkan trnda, alat dapur dan alat tidur.

DI Tim ketiga, berlokasi di Kampal kelurahan Kappuna kec.Masamba ikut dalam edukasi Trauma Healing untuk Memastikan kondisi anak-anak korban bencana dengan memberikan hiburan serta dukungan secara psikis untuk meminimalisir dampak traumatic yang dihadapi pasca bencana agar tumbuh dengan baik dan tidak mengalami trauma yg berkepanjangan, kegiatan Trauma Healing terdiri dari gabungan Forum Anak Luwu Utara, BKKBN, Asosiasi Sahabat Anak Indonesia, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat, dll.

Panji selaku penanggung jawab, mengatakan selain bantuan dalam bentuk sembako, kami juga membawa obat-obatan, alat dapur, alat mandi, perlengkapan tidur, pakaian layak pakai, perlengkapan balita,tenda dan lilin.

Nandar selaku korlap juga menambahkan, melihat situasi dan kondisi yang terdampak banjir bandang Desa Limbong Wara. Kec.Malangke Barat Kab.Luwu Utara dan Desa Meli Kec.Baebunta Kab.Luwu Utara memang masih membutuhkan air bersih, beras dan alat dapur.

“Masyarakat juga menyarankan Untuk pakaian layak pakai mungkin bisa dibatasi dulu, karena sudah sangat banyak.” Ungkapnya.

“Kami aliansi pemuda mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, Alhamdulillah sumbangan bapak ibu telah kami salurkan. Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita di Masamba. semoga masyarakat Luwu Utara yang terdampak banjir bandang diberi ketabahan dan kekuatan untuk melewati musibah ini.” Pungkas Nandar selaku koorlap.

Hidup adalah pengulangan-pengulangan kejadian dengan sedikit modifikasi yang berbeda, tak ada yang bisa menjamin bahwa kita tidak akan mengalami hal serupa. Maka dari itu yang mereka butuhkan adalah kepekaan kita terhadap apa yg mereka alami.(Darma)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close