Berita

Rayakan HUT RI Ke-75 di Gunung Bawakaraeng Gowa, Jumlah Pendaki Tembus Angka 15.000 Orang.

Compaksulawesi – Gowa :Jumlah pendaki ke puncak Gunung Bawakaraeng dan sekitarnya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menembus 15 ribu orang. Mereka hendak merayakan HUT KE 75.

Dari data yang diterima kontributor compaksulawesi.com hingga pukul 09.00 Wita, total jumlah pendaki mencapai 15.228 orang. Para pendaki itu kemudian dibagi ke tiga titik, yaitu 5.935 ke puncak Gunung Bawakaraeng, 6.240 ke Lembanna, dan 3.053 ke Lembah Ramma.

“Sampai pagi ini pendaki sudah tembus 15 ribu orang memang,” ujar Kasi Ops Basarnas Makassar Muhammad Rizal saat dimintai konfirmasi compaksulawesi.com, Senin (17/8/2020).

Diketahui, Basarnas Makassar dan potensi SAR lainnya disiagakan di lokasi agar bisa memberi pertolongan kepada pendaki yang mengalami cedera, hipotermia, atau tersesat.

Rizal mengatakan SAR gabungan di lokasi terus membagi rata pendaki agar tidak semua naik ke puncak Gunung Bawakaraeng. Para pendaki sebagian besar lainnya diarahkan ke Lembah Ramma atau Lembanna sebagai alternatif dengan pertimbangan puncak Gunung Bawakaraeng sudah ramai sejak 2 hari lalu.

“Jadi tidak memungkinkan kalau dipaksakan ke puncak semua,” katanya.

Perayaan HUT RI di puncak Gunung Bawakaraeng dan sekitarnya memang selalu ramai dari tahun ke tahun. Namun kali ini ada pembatasan oleh petugas bagi pendaki yang hendak ke puncak.

“Sebagian pendaki kita arahkan ke Lembah Ramma, sebagian lagi ke Lembanna. Jadi ada pendaki yang kurang safety, nah itu yang kita bagi,” katanya.

Rizal sendiri tak menampik kemungkinan jumlah pendaki akan terus bertambah menjelang detik-detik perayaan hari kemerdekaan RI.

“Bisa bertambah karena registrasi masih kita buka pagi ini. Untuk jumlah pendaki akan terus kita update tiap 2 jam,” pungkas Rizal.(rh)

Editor : Muh.Rizki

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close