Berita

Di Jeneponto, Ketua DPRD Tidak Bersedia Bacakan Naskah Proklamasi di HUT RI ke 75

Salmawati Paris : Saya No Comment

Compaksulawesi – Jeneponto : Pelaksana upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 di Kabupaten Jeneponto ditengah Pandemi Covid-19 dilaksana dengan sederhana dan terbatas.

Upacara yang di hadiri oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati,Setda, Ketua bersama Wakil Ketua dan anggota DPRD Jeneponto, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan para camat berlangsung di halaman kantor Bupati Jeneponto, jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Jeneponto, Senin, 17 Agustus 2020.

Pelaksanaan upacara HUT RI ke-75 itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya di setiap pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI naskah Proklamasi di bacakan oleh Ketua DPRD Jeneponto.

Namun pada pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 tingkat Kabupaten Jeneponto, terlihat yang membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI adalah Wakil Ketua I DPRD Jeneponto, Irmawati Zainuddin.

Padahal Ketua DPRD Jeneponto, Hj Salmawati terlihat hadir dalam upacara dengan menempati kursi yang disediakan untuk Ketua DPRD Jeneponto.

Wakil Ketua I DPRD Jeneponto, Irmawati Zainuddin, yang ditemui rekan media sebelum pelaksanaan upacara, mengatakan, kesiapannya untuk membacakan naskah Proklamasi.

“Insya Allah, saya siap membacakan naskah Proklamasi dalam upacara peringatan HUT RI ke-75 sebentar. Jadi sesuai prosedur, jika Ketua tidak sempat, maka diantara kami pimpinan yang menjadi pembaca Proklamasi,” kata Irmawati Zainuddin.

Terkait dengan hal tersebut, Wakil Ketua II DPRD Jeneponto, Imam Taufiq mengajak untuk menyikapi hal tersebut dengan baik.

“Di hari HUT RI ini, mari kita menyikapi hal tersebut dengan positif. Terkait dengan pembacaan naskah Proklamasi, saya kira siapapun yang membacakan tidak mengurangi semangat kemerdekaan,” kata Imam Taufiq Bohari.

Sementara itu, Panitia Pelaksana upacara peringatan HUT RI ke-75 Jeneponto, Nur Alim Basir mengatakan, sesuai jadwal awal pembaca naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Jeneponto.

“Jadi yang diharapkan memang awalnya adalah Ketua DPRD, tapi tadi kita saksikan bersama yang membacakan naskah Proklamasi adalah Wakil Ketua DPRD, tentunya itu hasil pembicaraan antara unsur pimpinan DPRD Jeneponto dengan panitia,” ungkap Nur Alim Basir.

Saat dimintai apa alasannya sehingga tidak bersedia membacakan naskah Proklamasi, Ketua DPRD Jeneponto, Hj Salmawati enggan berkomentar.

“Mohon maaf, terkait dengan itu saya no komen,” kata Hj Salmawati yang ditemui terkini.id usai pelaksanaan upacara HUT RI ke-75 di halaman kantor Bupati Jeneponto.(dm)

Editor : Muh.Rizki

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close