Politik

Partai Gerindra Ganti HJ. Salmawati Paris Dari Posisi Ketua DPRD Kab.Jeneponto

Sawaluddin Arief : Partai Gerindra melihat harus ada sharing power antara eksekutif dan legislatif.

Compaksulsel.com – Jeneponto : Setelah bergulir hampir 1,5 tahun, pergantian Ketua DPRD Jeneponto Hj Salmawati dari Partai Gerindra baru terwujud.

Ini menyusul terbitnya surat Pemprov Sulsel tentang pergantian Ketua DPRD Jeneponto Hj Salmawati.

SK diteken Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Di DPRD Jeneponto, legislator Partai Gerindra menjabat ketua DPRD sebagai pemenang Pemilu 2019 di daerah penghasil garam tersebut.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberhentikan ketua Dewan Perwakikan Daerah Rakyat (DPDR) Jeneponto Hj Salmawati

Diketahui Hj Salmawati diberhentikan setelah beredarnya putusan surat pemberhentian di beberapa group media sosial atau group WA.

SK yang beredar bernomor 771/III/2021 itu memutuskan meresmikan pemberhentian dengan hormat saudari Hj Salmawati dari kedudukannya sebagai ketua DPRD Jeneponto masa jabatan 2019-2021.

Dalam SK Peresmian pemberhentian juga disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi Ketua DPRD Jeneponto.

Pemberhentian tersebut tidak memiliki kekuatan mengikat apa bila bertentangan dengan aturan perundang-undangan. Dan ditanda tangani oleh Plt Gubernur Sulsel.

SK yang beredar dibenarkan oleh Sekertaris Sekretariat DPRD Kabupaten Jeneponto, Asrul, atas adanya SK Peresmian pemberhentian untuk Hj Salmawati sebagai Ketua DPRD Jeneponto.

“Benar, SK nya sudah ada di staf saya,” Balas Sekwan DPRD Kabupaten Jeneponto ini kepada redaktur compaksulsel.com.

Dengan adanya SK pemberhentian tersebut, tentu semua fasilitasnya sebagai Ketua DPRD juga dihentikan.

“Bu Salma masih berkantor sebagai anggota dewan dan tentunya fasilitas untuk sebagai pimpinan dewan dihentikan, ” tutup Asrul

INI ALASAN PARTAI GERINDRA MENGGANTI SALMAWARI SEBAGAI KETUA DPRD KABUPATEN JENEPONTO.

Rencana pergantian Hj Salmawati sebagai Ketua DPRD Jeneponto sudah lama bergulir.

Bahkan Hj Salmawati sudah diusulkan diganti oleh DPP Gerindra tak lama setelah pelantikan ketua DPRD Jeneponto Oktober 2019 lalu.

Hj Salmawati baru saja dilantik sebagai ketua DPRD Kabupaten Jeneponto pada Kamis 26 September 2019 lalu.

Oktober, sudah terbit SK DPP Gerindra yang isinya mengganti Hj Salmawati Sebagai Ketua DPRD Jeneponto.

Juru bicara DPD Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel) saat itu, Sawaluddin Arief mengungkap, sejumlah alasan kenapa DPP Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto mencopot Salmawati.

Jubir DPD Partai Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief.

DPP kemudian menunjuk legislator Gerindra lainnya; Arifuddin, sebagai Ketua DPRD.

Arifuddin pendatang baru di dewan. Sementara Hj Salmawati sudah berpengalaman.

“Dia (Arifuddin) peraih suara terbanyak. Seluruh anggota DPRD Jeneponto sebanyak tujuh orang yang membuat Gerindra meraih ketua DPRD itu Arifuddin sebagai peraih suara terbanyak. Itu alasannya. Satu-satunya Dapil yang dua kursinya itu Arifuddin,” kata Sawal.

Selain itu, pencopotan Salmawati tak lepas dari posisi suaminya, Paris Yasir yang merupakan Wakil Bupati Kabupaten Jeneponto.

“Yang direkomendasikan DPD ialah Salmawati sebagai petahana legislator. Tapi dalam pertimbangannya, sangat tidak elok partai ini suaminya wakil bupati, istrinya ketua DPR tidak akan terjadi sharing power. Partai Gerindra melihat harus ada sharing power antara eksekutif dan legislatif. Sehingga ketua DPRD itu tidak harus istri wakil bupati,” kata Sawal.

Pencopotan Salmawati sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto tertuang dalam SK bernomor 08-0456/Kpts/DPP-Gerindra/2019 tentang Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan periode tahun 2019-2024 tertanggal 31 Agustus 2019.

SK tersebut sekaligus mencabut SK DPP Partai Gerindra nomor 08-0186/Kpts/DPP-Gerindra/2019, tertanggal 16 Agustus 2019.

Kasus ini terus bergulir bahkan menjadi sengketa hingga Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman menerbitkan SK resmi pemberhentian Hj Salmawati sebagai Ketua DPRD Jeneponto.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button