Berita

Peras Kades, Tiga Oknum LSM Asal Jeneponto Terjaring OTT di Kabupaten Wajo

Compaksulsel.com – Makassar : Tiga orang oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) di dekat Terminal Callaccu Sengkang, Kabupaten Wajo, Senin (22/3/2021).

Ketiganya, yakni BA (48), RE (24), dan AS (20) yang berasal dari Kabupaten Jeneponto.

Penangkapan itu dilakukan ketika ketiganya diduga melakukan pemerasan seorang Kepala Desa asal Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.

Selain mengamankan ketiga pelaku, personel Polres Wajo juga mengamankan sejumlah barang bukti.

Barang bukti sebagai berikut:

1. Uang tunai pecahan Rp100.000 sebanyak 89 lembar senilai Rp8.900.000,

2. Empat  ponsel,

3. Satu bundel laporan pengaduan LSM

4. Satu unit mobil berplat DD 1723 TJ

Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam Amrullah mengatakan, modus pemerasan yang dilakukan oknum LSM tersebut ke kepala desa dengan meminta uang Rp10.000.000, agar laporan yang dibuatnya tidak diberikan ke Kejati Sulsel.

“Oknum BA ini menghubungi Kades yang jadi sasarannya via telepon, lalu janjian ketemu untuk menyerahkan uang yang diminta. Pertemuannya di sekitar Terminal Callaccu,” katanya.

Sesuai waktu dan tempat yang dijanjikan, bertemulah oknum LSM berinisial BA dan kepala desa.

Dua rekan BA menunggu di dalam mobil.

Lalu diserahkanlah bundel laporan dugaan korupsi yang dimaksud ke kepala desa dan kepala desa menyerahkan uang yang diminta BA.

“Kemudian Kades menyanggupi untuk memberikan uang tesebut tetapi jumlahnya tidak cukup sepuluh juta dan oknum tersebut mengiyakan, kemudian bertemu dan menerimanya,” katanya.

Muhammad Islam menambahkan, ketiga oknum LSM tersebut terancam penjara selama 9 tahun, sebagaimana pasal 368 ayat (1) KUHP.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button